Selama Nataru, Lebih Sejuta Kendaraan Melintasi di Tol Tangerang – Merak

Selama Nataru, Lebih Sejuta Kendaraan Melintasi di Tol Tangerang - Merak - tol merak - www.indopos.co.id

Ruas jalan tol Tangerang-Merak (foto.net)

INDOPOS.CO.ID – Selama libur natal dan menjelang tahun baru atau pada H-6 sebanyak 1.173.799 kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang – Merak.

Sejak Senin (19/12/2022) lalu atau pada H-6, hingga Natal tanggal 25 Desember 2022,total kendaraan yang melintas di ruas Tol Tangerang – Merak mencapai 1.173.799 kendaraan atau rata-rata 167.686 kendaran per hari atau meningkat 4,78 persen dibandingkan lalu lintas rata-rata tahun 2021 pada periode yang sama.

“Selama periode H-6 sampai hari H Natal, trafik tertinggi sementara ini adalah pada tanggal 21 Desember 2022, yakni 175.211 Kendaraan atau naik 4,09 persen disbanding tahun 2021. Namun, angka ini masih sedikit dibawah proyeksi kami,” terang Uswatun Hasanah, Kepala Departemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak,Selasa (27/12/2022).

Uswatun menjelaskan, dominasi tujuan lalu lintas ke arah gerbang tol Merak, Cilegon Timur dan Serang Timur yang merupakan campuran antara arus mudik dan arus Wisata.

Selama periode menjelang Natal situasi lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak cukup kondusif, hal ini menurut Uswatun juga terwujud atas sinergi antar pihak dan kesiapan dari pengguna jalan dalam melakukan perjalanan.

Beberapa upaya sinergi yang dilakukan diantaranya imbauan bersama pembelian tiket penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Sumatera bersama ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama atas diskresi Kepolisian untuk mengatur lalu lintas di Gerbang Masuk Cikupa, tempat istirahat (TIP) km 43 dan km 68 arah Merak dalam mengantisipasi antrian dari Pelabuhan Merak ke Ruas Tol Tangerang-Merak.

Adapun sebagai upaya untuk menangani kepadatan arus mudik serta liburan, Astra Tol Tangerang Merakmelakukan persiapan untuk penangan lalu lintas diantaranya dilakukan upaya-upaya intensif pada layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung.

Pada layanan transaksi Astra Tol Tangerang-Merak memaksimalkan operasional 102 gardu regular yang terdapat pada 10 Gerbang Tol, terdiri atas 43 Gardu Entrance, 53 Gardu Exit dan 6 gardu Ramp. Untuk menambah layanan transaksi dioperasionalkan 2 gardu tandem khusus di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit) serta mengoptimalkan 40 mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang, dengan tambahan 18 personil layanan transaksi yang tersebar di Gerbang Tol Cikupa dan Merak.

Penyiagaan personel juga dilakukan untuk layanan konstruksi dan pemeliharaan Jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Disamping itu, Astra Tol Tangerang-Merak juga menyiapkan layanan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan kepada penguna jalan, antara lain Posko kesehatan di Rest Area 68 Arah Merak.

Untuk informasi terkini terkait Tol Tangerang-Merak disediakan layanan Variable Message Sign (VMS), website margamandala.co.id yang didalamnya terdapat info trafik pantauan CCTV juga live report info trafik di media sosial Instagram @astratoltamer dan twitter @tol_mms yang banyak dimanfaatkan pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan di sepanjang Jalan Tol Tangerang–Merak. (yas)

Exit mobile version