Capai Target Pendapatan 111 Persen, Samsat Cikokol Patut Dibanggakan

syarifudin

Syarifudin S.Sos.Msi kepala Samsat Cikokol. (foto istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) atau Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, wilayah Cikokol, Kota Tangerang, Banten, patut dibanggakan.

Bagaimana tidak, kantor Samsat yang dikepalai oleh H Syarifudin S.So.M.Si ini pada tahun anggaran 2022 ini sudah berhasil melampaui target pendapatan mencapai Rp 504.607.153.700 dari target sebesar Rp 456.903.000.000 atau setara sebesar 1.11 persen.

Syarifudin menjelaskan, capaian yang diraih oleh Samsat Cikolol dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) itu terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak 306.583 unit dan kendaran roda empat sebanyak 121.088 unit.

Selain dari PKB, pihaknya juga menggali pendapatan daerah dari pajak air permukaan dan pajak lainnya yang menjadi kewenangan Pemprov Banten di wilayah kerja Samsat Cikokol.

“Alhamduillah dari pajak air permukaan dan pajak lainnya yang menjadi kewenangan Pemprov Banten, kami juga berhasil mencapai terget pendapatan. Hal ini tak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada wajib pajak untuk membayar pajak demi kelanjutan pembangunan di provinsi Banten,” terangnya kepada indopos.co.id, Rabu (28/12/2022).

Syarifudin mengatakan, berhasilnya Samsat Cikok dalam mencapai target pendapatan tidak terlepas dari inovasi dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh keluarga besar Samsat Cikokol atas arahan dari Bapenda Banten dan Pj Gubernur, termasuk memanfaaatkan teknologi informasi untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak.

“Ini berkat kerja keras semua tim dan atas arahan dari pak Opar Sohari selaku kepada Bapenda Banten,termasuk dari pak Al Muktabar sebagai Pj Gubernur yang dalam setiap rapat menekankan kepada seluruh UPT Samsat agar dalam pencapaian target pendapatan bisa melebihi target yang ditetapkan,” tuturnya.

Ia mengatakan, capaian pendapatan UPTD PPD Cikokol sangat berdampak positif bagi penambahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banten dalam mendukung pembangunan daerah Provinsi Banten.

“Kami terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna tercapainya target pendapatan pada UPTD PPD Cikokol untuk tahun 2023 demi pembangunan Provinsi Banten,” tegasnya.

Syarifudin menjelaskan, tugas Samsat Cikokol melakukan pelayanan pembayaran pajak yang terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor I, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II dan Pajak Air Permukaan.

“Dalam meningkatkan potensi dan realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan meningkatkan potensi dan realisasi penerimaan Pajak Air Permukaan kami melakukan berbaagai inovasi pelayanan.Salah satunya adalah denga sistem jemput bola” cetusnya.

Selain itu, Samsat Cikokol juga terus berupaya meningkatkan akuntabilitas pelayanan pemungutan pajak daerah demi meningkatnya IKM, peningkatan kualitas SDM aparatur pelayanan pemungut pajak daerah dan peningkatan sinergitas dengan mitra kerja seperti dengan Polri dan Jasa Raharja.

Ia mengungkapkan, pelayanan Samsat Cikokol memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.“Bagi masyarakat yang pajak kendaraannya sudah harus dibayar tapi tidak dapat ke kantor pelayanan Samsat,dapat melakukan pemnayaran secara online yang tetap kami optimalkan,” jelasnya. (yas)

Exit mobile version