Malam Tahun Baru 2023, Polda Metro Terjunkan 23 Ribu Personel

polda

Ilustrasi pengamanan kepolisian di kawasan Bunderan HI, Jakarta Pusat. (Dok Humas Polri)

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menerjunkan, ribuan personel untuk mengamankan malam pergantian tahun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada, Sabtu (31/12/20222).

“Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 2/3 kekuatan Polda Metro Jaya. Polda Metro Jaya ini kekuatannya 35.000, sepertiga istirahat untuk melaksanakan kegiatan rutin besoknya, 2/3 akan full total melakukan back up,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran usai menggelar rapat koordinasi bersama di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Pengamanan tersebut berlaku di wilayah tetangga Kota Jakarta, seperti Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pihaknya melakukan menyesuaikan titik-titik perayaan malam pergantian tahun yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun tempat milik swasta.

“Ada beberapa hal yang menjadi penekanan. Titik-titik yang milik swasta, lokasi-lokasi bukan pemerintah yang biasa melakukan perayaan, juga jalan-jalan umum yang sering terjadi gangguan-gangguan kemacetan lalu lintas,” tutur Fadil.

Sebagian personel bakal ditempatkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan Taman Mini yang menjadi titik-titik keramaian pada malam tahun baru.

“Ada 7 titik panggung dan stage di Jalan Sudirman-Thamarin. Kita juga sudah siapkan di Taman Mini, dan masing-masing Polres bersama para wali kota ada titik-titik yang akan diamankan,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan, kebijakan bebas kendaraan bermotor atau Car Free Night pada perayaan malam tahun baru 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat guna menghindari kepadatan arus lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan, dalam pelaksanaannya penutupan jalan akan dilakukan secara bertahap mulai petang hari hingga malam hari pada, Sabtu (31/12/2022).

“Dari Thamrin seperti Car Free Day. Kegiatan mulai kita tutup jam 18.00 WIB, tapi totalnya nanti kita tutup jam 20.00 WIB,” ujar Latif Usman di Jakarta, Rabu (28/12/2022). (dan)

Exit mobile version