Antisipasi Banjir, Pemkot Tangerang Bangun 9 Embung Baru

Antisipasi Banjir, Pemkot Tangerang Bangun 9 Embung Baru - tanggul buatan - www.indopos.co.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membangun 9 embung untuk mencegah banjir. Foto: Humas Pemkot Tangerang

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun sembilan embung baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Sembilan embung tersebut nantinya akan berada di tujuh titik di Kota Tangerang.

“Sebagai bagian dari master plan penanganan banjir di wilayah Kota Tangerang, kami dari Dinas PUPR akan membangun sebanyak sembilan unit embung di tujuh titik di Kota Tangerang,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono,, Senin (9/1/2023).

“Kita sebelumnya sudah memiliki delapan embung yaitu di Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Bugel, Cipondoh Makmur, Kampung Darusalam, Embung Larangan, Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Pondok Bahar,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, embung-embung tersebut dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir dan tidak jauh dari saluran air primer maupun sekunder yang ada di Kota Tangerang.

“Embung-embung ini akan dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir di Kota Tangerang, dan lokasinya tidak jauh dari saluran air sekunder dan primer yang terhubung ke sungai ataupun kali. Sehingga, nanti sumber air yang masuk ke embung, kemudian nanti akan dialirkan ke sungai-sungai besar yang ada di Tangerang yaitu sungai Cisadane, Cirarab, dan Angke,” ujarnya.

Dengan adanya tambahan pembangunan embung ini, diharapkan dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya embung yang baru di 2023 ini, dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air, kapan air harus parkir dulu atau dialirkan, karena Kota Tangerang konturnya relatif datar. Sehingga, pergerakan air dari hulu ke hilir sangat lambat jadi perlu tempat penampungan yang dilengkapi dengan pintu dan pompa,” tutupnya.

Sebagai informasi, sembilan embung yang akan dibangun oleh Pemkot Tangerang yaitu berada di Kelurahan Paninggilan sebanyak dua unit, Embung Bugel, Embung Griya Kencana I dan II, Embung Kali Sabi, Embung Periuk di Jalan M.Toha, Embung Pondok Bahar, dan Embung Sekneg Kelurahan Cikokol. (dam)

Exit mobile version