DPRD Kota Sukabumi Studi Banding Implementasi SPBE ke Pemkot Tangerang

DPRD Kota Sukabumi Studi Banding Implementasi SPBE ke Pemkot Tangerang - dprd sukabumi - www.indopos.co.id

Komisi I DPRD Kota Sukabumi melakukan studi banding penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Foto: Humas Pemkot Tangerang

INDOPOS.CO.ID – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) melakukan studi banding implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Ketua Komisi I DPRD Kota Sukabumi, Momi Soraya mengungkapkan kunjungannya bersama tim untuk mempelajari bagaimana penerapan SPBE bisa berjalan di Kota Tangerang dengan sangat baik.

“Tadi kami sudah melihat pemaparan dari kepala Diskominfo terkait SPBE sudah cukup baik. Karena memang Kota Tangerang sendiri yang terbaik dalam hal tersebut,” ungkap Momi di Kota Tangerang, Kamis (12/1/2023).

Ia menuturkan, hasil dari pemaparan tadi akan dibahas lebih lanjut dengan internal tim untuk melihat lebih detail aplikasi mana yang sekiranya dapat dan cocok direplikasikan di Kota Sukabumi.

“SPBE ini adalah sistem yang harus diterapkan di setiap daerah, tentunya kami akan bahas lebih lanjut dengan internal tim kami untuk dapat dikaji mana yang bisa kami aplikasikan di Kota Sukabumi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menjelaskan Diskominfo memberikan pemaparan terkait aplikasi portal e-Gov untuk internal pegawai dan Tangerang Live yang dapat diakses masyarakat.

“Kami memberikan pemaparan terkait tahapan-tahapan apa saja dalam percepatan optimalisasi perwujudan SPBE di Kota Sukabumi. Dan mereka tertarik mengenai aplikasi terbaik Kota Tangerang, namun untuk kerja sama selanjutnya Diskominfo Kota Sukabumi harus turut hadir dalam kunjungan selanjutnya,” ungkap Indri.

Sejauh ini sebanyak 40 kota/kabupaten yang sudah menandatangani kesepakatan bersama Memorandum of Understanding (MoU) atau kerja sama dengan Kota Tangerang. Pemkot Tangerang terbuka bagi kota/kabupaten lainnya yang ingin melakukan replikasi aplikasi dari Dinas Kominfo Kota Tangerang. (dam)

Exit mobile version