Bertambah, 82 RT di Jakarta Terendam Banjir

Bertambah, 82 RT di Jakarta Terendam Banjir - banjir jkt 1 - www.indopos.co.id

Banjir merendam kawasan Kedoya, Jakarta Barat. Foto: Dok Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Banjir yang merendam wilayah Jakarta terus meluas, setelah hujan dengan intensitas sangat deras mengguyur pada Minggu (26/2/2023) malam. Bahkan ada penambahan signifikan jumlah rukun tetangga (RT) kebanjiran.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di satu ruas jalan dan 48 RT telah meningkat hampir 2 kali lipat.

“Saat ini, menjadi dua ruas jalan tergenang dan 82 RT atau 0,269 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Isnawa dalam keterangannya, Jakarta, Senin (27/2/2023). Data tersebut dilaporkan pukul 11.00 WIB.

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut, Jakarta Barat terdapat 24 RT terdiri dari Kelurahan Kembangan Utara ada dua RT. Ketinggian muka air 50 – 60 sentimeter (cm).

Kelurahan Kembangan Selatan ada dua RT, ketinggian muka air 60 cm. Kelurahan Joglo, jumlah satu RT. Ketinggian muka air 45 cm.

“Kelurahan Tegal Alur ada empat RT. Ketinggian 20 – 40 cm. Kelurahan Rawa Buaya, jumlah 10 RT. Ketinggian 40 – 120 cm,” tutur Isnawa.

Kelurahan Kedaung Kaliangke, jumlah empat RT. Ketinggian muka air 30 – 40 cm. Penyebab banjir karena curah hujan tinggi dan luapan Kaliangke. Kelurahan Duri Kosambi, jumlah satu RT. Dengan ketinggian 30 cm.

Sementara wilayah Jakarta Selatan terdapat delapan RT terdiri dari, Kelurahan Cipulir ada satu RT. Dengan ketinggian 30 – 60 cm. Penyebab akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan.

Kelurahan Cilandak Timur ada 2 RT. Ketinggian 55 – 70 cm. Penyebab akibat Curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut. Kelurahan Kebon Baru ada satu RT. Ketinggian 65 cm. Penyebab akibat Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

“Kelurahan Rawajati ada empat RT. Dengan ketinggian 50 cm. Penyebab akibaf curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut,” ungkapnya.

Sedangkan di Jakarta Timur terdapat 50 RT yang terdiri dari, Kelurahan Cililitan ada satu RT. Dengan ketinggian 180 cm. Penyebab akinat curah hujan tinggi dab luapan Kali Ciliwung.

Kelurahan Cawang ada 13 RT. Dengan ketinggian 30 – 180 cm. Penyebab akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung. Kelurahan Bidara Cina ada lima RT. Dengan ketinggian 40 – 120 cm.

Selain itu, Kelurahan Kampung Melayu ada 27 RT. Dengan ketinggian 30 – 175 cm. Penyebab akibat Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung. Kelurahan Cipinang Muara ada tiga RT, dengan ketinggian 30 -50 cm. Penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Sunter

“Kelurahan Jatinegara Kaum, ada satu RT. Denhan ketinggian rata-rata muka air 20 cm,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version