DPRD Usulkan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Direlokasi ke Dua Tempat Ini

DPRD Usulkan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Direlokasi ke Dua Tempat Ini - plumpang 8 - www.indopos.co.id

Kondisi pemukiman warga hangus terbakar akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengusulkan agar warga Tanah Merah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara direlokasi ke Wisma Atlet Pademangan atau Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara.

Usulan tersebut diutarakan setelah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak kebakaran baru-baru ini. Area tersebut, tentu tidak aman untuk dijadikan tempat tinggal.

“Saya berpikir lagi, kenapa Pemda DKI tidak minta kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) untuk Wisma Atlet Pademangan dibuat saja (untuk) mereka (korban kebakaran),” kata Ida di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Kondisi pascakebakaran tak bisa membuat mereka mendapat tempat tinggal dengan cepat. Termasuk tak bisa selamanya tinggal di posko pengungsian.

“Ini darurat ya, daripada mereka musti cari kontrakan atau rumah tinggal sementara, kan kasihan. Atau mau di Nagrak,” ucap Ida.

“Rusunawa Nagrak ini juga banyak yang kosong, bisa juga di sana. Warganya dikasi pilihan, mau di Nagrak atau mau di Wisma Atlet,” tambahnya.

Usulan tersebut tak hanya berlaku sementara, bila mendapat izin dari Pemerintah Pusat tentu warga Tanah Merah yang terdampak kebakaran bisa tinggal selamanya.

“Kalau memang diizinkan, selamanya juga tidak ada masalah. Saya yakin kok Mensetneg langsung ngasih itu kalau Pemda DKI mau minta untuk itu ditempatin oleh saudara kita yang sedang kena musibah,” jelas Ida.

Kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada, Jumat (3/3/2023). Kejadian tersebut menyebabkan belasan orang meninggal dunia dan puluhan korban luka-luka. (dan)

Exit mobile version