Kakantah Jaktim Akan Selesaikan Residu PTSL dan Tuntaskan PSN

bpn

Suasana pelayanan di Kantor Pertanahan Jakarta Timur. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Prestasi Kantor Pertanahan (Kantah) Jakarta Timur (Jaktim) yang telah diukir pada kepemimpinan sebelumnya harus dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

Hal ini dikatakan Dony Novantoro yang dilantik sebagai Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Administrasi Jakarta Timur, menggantikan Sudarman Harjaspautra oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta Wartomo, Rabu (28/3/2023).

Menurut Dony, untuk mencapai prestasi dan terget kinerja tersebut dibutuhkan kekompakan seluruh jajaran di kantor BPN Jakarta TImur.

“Meskipun tak mudah, tapi saya yakin dengan sinergisitas yang bagus dengan semua jajaran, kami akan mampu terus melahirkan prestasi-prestasi baru di bidang administrasi layanan tata ruang dan pertanahan di Jakarta Timur, ” ujar Dony melalui pesan tertulis kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (4/4/2023).

Saat ditunjuk sebagi Kepala BPN Jakarta Timur, Dony merasa mempunyai tanggungjawab besar untuk berusaha menuntaskan Program Strategis Nasional (PSN), dan melayani masyarakat dengan lebih baik.

“BPN Jakarta Timur di bawah Kepala Kantah sebelumnya sangat bagus dalam inovasi, pelayanan dan kerja keras usaha dalam menyelesaikan target terget pekerjaan dalam melayani masyarakat,” terangnya.

Ia menjelaskan, pada 100 hari program kerjanya, dirinya bertekad dan berusaha menyelesaikan residu PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Langkap) dan melaksanakan dengan baik program program strategis nasional lainnya, serta mencoba mencari penyelesaian terbaik terhadap masalah masalah pertanahan di Jakarta Timur sesuai peraturan perundangan.

“Kami akan menyelesaikan residu PTSL dan melaksankaan dengan baik progran strategis nasional yang diberikan oleh pimpinan kepada Kantah Jakarta Timur,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya akan tetap berkomitmen untuk melanjutkan hal-hal dan program yang selama ini sudah baik yang sudah dilakukan oleh kakantah sebelumnya.

“Kebetulan tahun ini Jakarta Timur tidak ada program PTSL. Namun demikian, target lainnya adalah berusaha menyelesaikan residu PTSL tahun tahun sebelumnya, sesuai instruksi dari bapak Menteri ATR/BPN dan arahan dari Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta,” jelasnya

Dony menuturkan, pihaknya akan mencari formula terbaik dalam penyelesaian sengketa dan permasalahan Pertanahan yang sesuai peraturan perundangan. Hal ini butuh koordinasi dalam kerja sama dengan 4 pilar. Yaitu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), baik pemerintah daerah (Wali Kota), Aparat Penegak Hukum (Kepolisian Republik Indonesia/Polri dan Kejaksaan), TNI (Tentara Nasional Indonesia ) sampai lembaga peradilan dan stakeholder.

“Masalah Pertanahan tidak akan selesai hanya dengan BPN,” cetusnya.

Untuk memastikan pelayanan terbaik yang diberikan oleh jajaran Kantah Jakara Tmur, pihaknya akan melakukan evaluasi kinerja secara periodik, membuka ruang publik terhadap informasi dan masukan yang membangun dan berkonsultasi dengan kanwil dan pusat dalam rangka pengawasan pembinaan pegawai.

“Demikian juga dalam pengawasan perilaku staf, saya akan mematangkan mindset bahwa BPN adalah instansi pelayanan. Maka pikiran harus tercurah untuk melayani, bukan untuk melakukan hal hall yang tidak pantas dan tidak patut yang dapat melukai perasaan publik, sesuai perintah bapak Menteri kepada jajaran ATR/BPN se-Indonesia,” tuturnya.

Pihaknya juga berjanji akan melayani masyarakat dengan dengan ramah, membantu dengan ikhlas.

”Jelaskan kepada masyarakat dengan transparan dan tunjukan sebagai insan ATR/BPN yg berintegritas sesuai komitmen sebaga instansi pelayanan,” imbaunya.

Dony juga berpesan kepada masyarakat agar dalam mengurus permohonan pertanahan datang sendiri ke kantor pertanahan, persiapkan dan taati persyaratan kelengkapan berkas dan dokumen yang diperlukan.

“Laporkan ke kami bila pelayanan kami tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP), ingatkan kami bila jajaran kami berlaku tidak pantas dan tidak patut,” ucapnya.

Sementara Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta Wartomo beharap kepada Dony Novantoro untuk dapat membawa perubahan pelayanan yang lebih baik lagi dan memberikan inovasi dan konstribusi terbaik bagi Kementerian ATR/BPN dan juga Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Saya berharap kepada kepala kantor Pertanahan Jakarta Timur yang baru dilantik dapat melahirkam inovasi pelayanan dan konstribusi terbaik bagi Kementerian ATR/BPN dan juga kantor Pertanahan Jakarta Timur,” ujar Wartomo. (srv)

Exit mobile version