Perkuat Kota Bisnis Berskala Global, Jakarta Jalin Kerja Sama Berbagai Bidang dengan New South Wales

kunjungan-kerjasama

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi Mutiara saat menerima kunjungan kerjasama dengan Negara New South Wales (Humas Pemprov DKI)

INDOPOS.CO.ID – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menerima kunjungan Gubernur New South Wales, Australia, Margaret Beazley, di Balai Kota, Jakarta. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah New South Wales yang telah terjalin sejak tahun 1994, yang menghasilkan Memorandum of Understanding (MoU) yang diperbarui pada tahun 2022 untuk lima tahun ke depan.

“New South Wales merupakan salah satu dari 23 sister city yang menjalin kerja sama dengan DKI Jakarta di beberapa bidang seperti pendidikan, pariwisata, kebudayaan, ekonomi kreatif, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga teknologi digital,” kata Pj. Gubernur Heru, Kamis (25/5/2023).

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi Mutiara mengatakan peningkatan kerja sama internasional dengan New South Wales dan kota-kota lain di seluruh dunia perlu terus diperkuat guna memperkuat Jakarta sebagai kota bisnis dengan skala global.

“Salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan adalah melalui peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui pelatihan singkat di New South Wales,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, bahwa kerja sama panjang antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan New South Wales telah menciptakan hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan bagi kedua kota tersebut.

“Sebenarnya sudah banyak kita melakukan kerja sama dengan (New South Wales) ini, seperti pelatihan-pelatihan para guru untuk mempresentasikan bahan ajarnya, karena banyak sekali guru sekarang mengajar secara virtual. New South Wales punya satu aplikasi Canva yang ownership-nya dari mereka, mereka mengajarkan secara gratis termasuk akun-nya,” jelas Dewi.

Dewi pun memaparkan, Kota Jakarta juga berperan sebagai contoh dalam pengembangan layanan bagi penyandang disabilitas bagi New South Wales. Pada tahun 2018, Pemerintah New South Wales mengirimkan tenaga ahli untuk mempelajari layanan yang telah diterapkan di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta bagi penyandang disabilitas.

“Ke depan, kita akan memperkuat kerja sama ini. Kita tahu kelebihan New South Wales adalah banyak memiliki universitas ternama di kotanya. Ada 11 universitas dan 6 di antaranya itu memiliki angka (kredibilitasnya) yang sudah berkelas dunia. Mereka akan melakukan Expo Education, kita akan sosialisasikan ke temen-temen SMP dan SMA supaya tahu bahwa mungkin ada scholarship dan lainnya. Pemprov DKI juga akan membuatkan jejaring scolarship ini untuk siswa-siswa kita,” papar Dewi. (fer)

Exit mobile version