Jelang HUT ke-78 RI, Pemkot Jaksel Gelar Perlombaan Mancing Wali Kota Cup

wali-kota-cup

Kegiatan perlombaan wali kota cup di Waduk Prapanca, Jakarta Selatan. Foto: Humas Pemkot Jaksel.

INDOPOS.CO.ID – Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan mengundang masyarakat untuk memanfaatkan potensi Waduk Prapanca untuk berbagai kegiatan publik.

“Waduk ini memiliki potensi yang beragam, seperti untuk memancing, tempat berkumpul, dan pengendalian banjir. Oleh karena itu, dalam acara Piala Wali Kota Jakarta Selatan Cup 2023 yang diadakan oleh Wartawan Wali Kota Jakarta Selatan (WJS), 160 peserta diajak untuk memanfaatkan waduk tersebut,” katanya dalam keterangan, Sabtu (12/8/2023).

Menurutnya, para peserta yang berasal dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersaing dengan sehat dalam lomba memancing ikan untuk meraih piala dan total hadiah sebesar Rp13 juta.

“Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah melepas satu ton ikan ke dalam waduk tersebut. Pemenang lomba ditentukan berdasarkan jumlah dan berat ikan yang berhasil ditangkap,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini adalah kali kedua acara ini diadakan setelah sebelumnya dilakukan di Kecamatan Jagakarsa, dan diharapkan dapat berlanjut di masa depan.

“Selain memancing, kegiatan ini juga mencakup penanaman pohon dan promosi UMKM dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia,” jelasnya.

Dia berencana untuk terus mempercantik waduk ini agar pengunjung tertarik datang ke fasilitas tersebut yang berada di sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Pihak yang tertarik untuk menggunakan waduk ini diharapkan dapat mengajukan rencana mereka, selama sesuai dengan aturan dan tidak merusak lingkungan.

“Waduk Prapanca, yang terletak di area Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, diharapkan dapat digunakan untuk aktivitas lain yang bermanfaat bagi warga,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba Mancing Wali Kota Jakarta Selatan Cup 2, Robin Tariga, mengapresiasi antusiasme peserta yang mengikuti lomba ini tanpa biaya pendaftaran, yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kali ini jumlah peserta mencapai 160 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 84 orang,” tuturnya.

Robin menambahkan, pendaftaran lomba ini dibuka secara gratis dengan jumlah ikan mencapai satu ton. Dalam lomba tersebut, pemenang bisa membawa pulang hadiah sebesar Rp 13 juta.

“Antusias peserta cukup besar pada tahun ini. Mudah-mudahan kita bisa adakan lebih meriah pada tahun berikutnya,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version