Kendaraan Tempur Hingga Diorama Pahlawan Ramaikan Karnaval HUT RI Ke-78 dan HUT Kab Bekasi Ke-73

tni

Karnaval memeriahkan HUT RI Ke-78 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 pada Minggu (20/08/2023). Foto: Bekasikab.go.id

INDOPOS.CO.ID – Arak-arakan ratusan warga Desa Cibening, Kecamatan Setu memenuhi ruas jalan raya Serang-Setu. Kegiatan tersebut dalam rangka acara karnaval memeriahkan HUT RI Ke-78 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 pada Minggu (20/08/2023).

Karnaval yang terlihat begitu megah, menampilkan parade replika kendaraan tempur, pawai dongdang, hingga diorama perjuangan pahlawan melawan penjajah itu digelar di halaman Kantor Desa Cibening, Kecamatan Setu.

Pj Kepala Desa Cibening, Abdul Rachmat menuturkan, karnaval tahun ini merupakan kegiatan perdana yang digagas oleh aparatur desa setempat untuk menyatukan semangat warga desa. Khususnya untuk menyambut HUT RI Ke-78 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 dengan lebih semarak dan menjadi media hiburan di tengah masyarakat.

“Sebelumnya kegiatan ini di masing-masing wilayah, untuk pertama kalinya kita selenggarakan di Desa Cibening. Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar, mulai dari seluruh elemen masyarakat, sekolah dan seluruh pihak. Sehingga kita harapkan kegiatan ini terus dilaksanakan kedepannya,” ungkapnya.

Abdul menambahkan, karnaval yang juga menampilkan pawai budaya ini sebagai upaya untuk mengangkat kembali budaya daerah yang sudah mulai luntur, untuk dikenalkan kembali kepada masyarakat terutama generasi muda.

“Kita ingin budaya yang ada di Desa Cibening ini seperti dongdang, leuit, juga sedekah bumi bisa kembali digelar di tengah masyarakat. Terutama generasi muda Desa Cibening yang saat ini melalui gawainya lebih familiar dengan budaya asing, kita ingin mereka mengenal dan turut melestarikan budaya daerahnya,” harapnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi masyarakat memeriahkan karnaval Desa Cibening, Abdul menyebutkan, panitia bekerjasama dengan berbagai pihak yang menjadi donatur sponsor acara telah menyiapkan beragam hadiah dan doorprize.

Selain menjadi ajang silaturahmi antar warga, juga diberikan reward atau penghargaan kepada seluruh warga yang terlibat dalam karnaval tersebut.

“Kita ada panggung pesta rakyat yang menampilkan hiburan, juga tadi kita menyerahkan beragam doorprize dan hadiah seperti sepeda, kompor gas dan hadiah menarik lainnya untuk masyarakat,” jelasnya.

Ketua BPD Desa Cibening, Anton Suryana menambahkan, karnaval yang dilaksanakan perdana tahun ini juga bertujuan meningkatkan indeks kebahagiaan warga. Sehingga rangkaian kegiatan yang dikemas oleh panitia diharapkan dapat memberi manfaat untuk warga sekitar.

Apalagi disediakan juga stand UMKM untuk masyarakat berjualan disekitar panggung utama acara.

“Tentunya, pelaksanaan kegiatan-kegiatan juga program-program yang digulirkan oleh kami keluarga aparatur Pemerintah Desa Cibening diharapkan dapat memberi rasa bahagia, gembira untuk masyarakat Desa Cibening,” katanya.

Melihat antusias ribuan warga yang hadir, panitia juga menyiapkan bazar, stand sponsor yang digratiskan untuk masyarakat sekitar yang memang memiliki usaha-usaha.

“Kami sediakan di sisi lapangan utama juga taman yang m udah diakses pengunjung yang ingin jajan atau membeli produk umkm warga,” tandasnya. (mg 40)

Exit mobile version