Perluas Jangkauan, DLH DKI Jakarta Latih Teknisi Bengkel Uji Emisi di Bandung

Kegiatan-pelatihan-Teknisi

Kegiatan pelatihan Teknisi Bengkel Uji Emisi di Bandung. Foto: Dokumen DLH DKI.

INDOPOS.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup LH) DKI Jakarta dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jawa Barat mengadakan pelatihan uji emisi untuk sejumlah teknisi bengkel di wilayah Bandung Raya.

Pelatihan ini berlangsung pada tanggal 7-8 September di Wijaya Toyota, Cimareme, Bandung Barat. Ini adalah langkah kerjasama antara pemerintah untuk mengatasi masalah pencemaran udara di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan infrastruktur dan SDM yang berkualifikasi untuk memperluas pelaksanaan uji emisi.

Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK, Luckmi Purwandari mengatakan bahwa pelatihan ini untuk mempercepat perluasan jangkauan uji emisi.

“Percepatan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor ini merupakan strategi pengendalian pencemaran udara bersama wilayah di Jabodetabek,” kata Luckmi dalam keterangan, Jumat (8/9/2023).

Dalam menyiapkan program tersebut, lanjut Luckmi, KLHK sudah menyiapkan mekanisme terkait pelaksanaan uji emisi.

“Saat ini kita akan telah menyiapkan aplikasi uji emisi (si-umi) dan bekerja sama dengan DLH DKI untuk melatih 400 teknisi bengkel di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk mendukung jalannya uji emisi ini,” ujar Luckmi.

Kedepan, setelah semua aturannya rampung, uji emisi akan menjadi wajib secara nasional.

“Ketika ini sudah berjalan, outputnya kendaraan bermotor harus melampirkan hasil uji emisi sebagai persyaratan administrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor,” tutup Luckmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan bahwa pelatihan merupakan transfer knowledge dari Pemprov DKI Kepada wilayah sekitar Jakarta untuk sama-sama menanggulangi pencemaran udara dari sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.

“Saat ini Pemprov DKI sudah memperluas jangkauan uji emisi kepada hampir seluruh bengkel di Jakarta. Pelatihan ini bentuk sinergi antar pemerintah untuk lebih memasifkan lagi uji emisi di wilayah sekitar Jakarta,” kata Asep.

Ia pun berharap langkah yang dilakukan Pemprov DKI dalam memperluas jangkauan uji emisi ini bisa ditiru daerah lain, “Dimomentum hari udara bersih internasional ini, semoga semua pihak bisa sama-sama memperbaiki kualitas udara di wilayahnya masing-masing,” tutup Asep.

Senada dikatakan Pejabat Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Endang Hidayat. Ia menyebut bahwa bengkel-bengkel yang ada di wilayahnya sudah antusias dalam menyelenggarakan uji emisi ini.

“Pelatihan ini tentunya bisa menyiapkan bengkel-bengkel di Bandung untuk menerima uji emisi yang akhir-akhir banyak dicari banyak masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa bertambahnya bengkel uji emisi di Jawa Barat ini bisa mempermudah masyarakat pemilik kendaraan bermotor yang akan keluar masuk wilayah DKI Jakarta.

“Jadi warga Jawa Barat yang akan pergi ke Jakarta bisa uji emisi dimana saja di wilayah Jawa Barat kedepannya,” tutupnya. (fer)

Exit mobile version