Komisi D Minta Perbaikan Turap Waduk Rawa Bambon Rampung Sesuai Kontrak

Waduk-Turap

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif saat meninjau perbaikan turap Waduk Rawa Bambon, Jakarta Timur. Foto: Setwan.

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Syarif, melakukan pengecekan perbaikan turap Waduk Rawa Bambon di Jalan Rawa Bambon, RT 10/04, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Syarif menjelaskan, perbaikan turap sebelumnya sempat terkendala karena adanya warga yang mengaku memiliki lahan area trase kering waduk.

“Klaim kepemilikan trase kering ini seharusnya dapat diselesaikan secara terpisah, karena eksistingnya telah ada,” katanya dalam keterangan, Minggu (1/10/2023).

Ia menekankan pentingnya perbaikan turap ini untuk mencegah kerusakan tanggul dan banjir. Oleh karena itu, ia meminta pihak kontraktor untuk melanjutkan pekerjaan perbaikan. Syarif juga menyarankan agar Suku Dinas SDA Jakarta Timur tidak ragu-ragu untuk melakukan pengerukan waduk dan perbaikan konstruksi pintu air guna meningkatkan efisiensi sistem pengendali banjir Waduk Rawa Bambon.

“Pengerukan ini diperlukan agar kapasitas waduk dapat ditingkatkan. Selain itu, perbaikan pintu air juga perlu dilakukan agar dapat secara optimal mencegah banjir di Kelurahan Ceger, Ciracas, dan Bambu Apus,” tegasnya.

Ia juga mengusulkan pembangunan turap di sekitar Waduk Rawa Bambon sebagai langkah untuk penataan komprehensif waduk tersebut, termasuk fasilitas untuk masyarakat.

“Kami berharap agar waduk ini dapat menjadi destinasi wisata dan mendukung perekonomian warga di masa depan,” ujarnya.

Setelah mengecek pembangunan turap Waduk Rawa Bambon, Syarif juga meninjau pembangunan turap saluran di Jalan Persahabatan VII, RT 10/08, Kelurahan Kelapa Dua Wetan.

“Pembangunan turap dilakukan di kedua sisi saluran dengan panjang masing-masing 42,2 meter dan 90,5 meter,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Graito Usodo, menjelaskan bahwa perbaikan turap dilakukan sepanjang 68 meter dengan ketinggian konstruksi 3,5 meter, bagian bawahnya mencapai 2,9 meter, dan bagian atas 60 sentimeter.

“Proses perbaikan melibatkan pembongkaran konstruksi lama dan penggantian dengan yang baru. Pelaksanaan perbaikan turap Waduk Rawa Bambon ditangani oleh PT Kyuta Samudera Berkah dengan pengawasan dari PT Sembilan Bintang Perkasa. Karena adanya keterlambatan, kontrak telah diperpanjang dan denda telah dikenakan sesuai peraturan yang berlaku, dengan target penyelesaian sebelum 1 November,” katanya.

Ketua RT 10/08, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Arcasa, mengapresiasi perhatian besar yang diberikan oleh anggota DPRD DKI Jakarta terhadap upaya penanggulangan banjir.

Ia menganggapnya sebagai tindakan peduli dari wakil rakyat yang secara langsung mengawasi kebutuhan warga, termasuk upaya pencegahan banjir.

“Kami berharap bahwa melalui perbaikan dan pembangunan turap ini, wilayah mereka dapat terhindar dari banjir,” jelasnya. (fer)

Exit mobile version