DLH DKI Siagakan Petugas 24 Jam Jaga Kebersihan Malam Tahun Baru

dlh

Apel siaga personel DLH DKI Jakarta. (Dok DLH DKI Jakarta)

INDOPOS.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan menerjunkan petugas kebersihan selama 24 jam pada malam tahun baru 2024. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan lokasi menjadi titik keramaian perayaan malam tahun baru di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan bahwa petugas kebersihan akan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti. Petugas yang paling banyak bertugas adalah pada sore hingga malam hari, diawali dengan melaksanakan apel konsinyering kesiapan penanganan kebersihan tahun baru di Sudin LH Kota Administrasi se DKI Jakarta terlebih dahulu.

“Kami akan menerjunkan 3.180 petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta di awali dengan apel konsinyering” kata Asep, Minggu (31/12/2023).

Asep menginstruksikan agar seluruh lokasi perayaan tahun baru di Jakarta sudah bersih kembali pada pukul 04.00 WIB pagi atau sebelum shubuh di tanggal 1 Januari 2024.

“Kami berharap masyarakat juga bisa ikut menjaga kebersihan di lokasi perayaan tahun baru. Mari kita bersama-sama menciptakan Jakarta yang bersih dan nyaman,” ujar Asep.

Selain petugas kebersihan, pasukan oranye DLH juga akan dibantu oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru. Petugas PPSU akan bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di trotoar, jalan, dan taman sampai bersih kembali.

Asep juga mengimbau kepada masyarakat yang akan merayakan tahun baru di Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah sebaiknya dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan bersama-sama. Dengan begitu, sesuai dengan tema perayaan malam tahun baru ini, Jakarta Kota Global, warganya bisa mencerminkan tujuan itu,” katanya.

Selain itu untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan fasilitas sanitasi bagi masyarakat yang merayakan malam tahun baru di Jakarta, DLH DKI juga akan memaksimalkan penyediaan fasilitas toilet di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian.

“Kami perkirakan akan ada ratusan ribu pengunjung yang hadir di acara ini. Oleh karena itu, kami menyediakan 30 toilet portable dan 25 armada bus toilet untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan toilet,” ujar Asep.

Toilet portable dan bus toilet yang disediakan DLH DKI Jakarta dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, mulai toilet dengan air yang bersih, sabun, dan tisu toilet. Bus toilet ini akan ditempatkan di titik-titik strategis di sepanjang Jalan Sudirman – Jalan Thamrin hingga Monas.

Agar ketersediaan toilet maksimal, DLH DKI juga meminta kepada pengelola gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk membuka akses toilet saat perayaan malam tahun baru.

“Kami sudah bersurat kepada pengelola gedung untuk meminta pembukaan akses toilet di lantai dasar atau lobby gedung bagi masyarakat pada saat acara Festival Malam Muda Mudi ini,” tutup Asep. (fer)

Exit mobile version