BPBD: Hujan Intensitas Tinggi Sebabkan Dua Genangan di Jakarta Barat

bpbd

Ilustrasi banjir di Jakarta Barat. Foto: BPBD/Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menyampaikan bahwa BPBD telah mengumumkan adanya genangan air di dua jalan Jakarta Barat akibat hujan dengan intensitas cukup tinggi sekitar pukul 11.00 WIB.

“Di kawasan Jakarta Barat, terdapat genangan air di dua jalan,” katanya dalam keterangan Sabtu (27/1/2024).

Isnawa menjelaskan bahwa dua jalan tersebut adalah Jalan Tanjung Duren Raya RT12/RW02, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Pada pukul 10.20 WIB, genangan mencapai ketinggian lima centimeter (cm). Selanjutnya, Jalan H. Muhajar RT 04 dan 11 RW 02, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengalami genangan pada pukul 10.00 WIB setinggi kurang lebih lima cm dan pukul 10.48 WIB mencapai setinggi kurang lebih 10 cm.

“Genangan tersebut disebabkan oleh hujan intensitas tinggi yang terjadi pada Sabtu hingga pukul 11.00 WIB,” ujarnya.

BPBD DKI juga mencatat kejadian pohon tumbang di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Selatan pada pukul 10.50 WIB. Kejadian ini disebabkan oleh kombinasi hujan dan angin kencang.

“Penanganan saat ini sedang dilakukan oleh satu Unit Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan satu unit PPSU Kelurahan Sunter Agung,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksikan adanya hujan ringan di sebagian wilayah DKI Jakarta mulai dari Sabtu siang hingga Minggu dini hari.

Meskipun demikian, BMKG melaporkan bahwa seluruh DKI Jakarta awalnya mengalami kondisi berawan pada pagi hari. (fer)

Exit mobile version