Dirjen Imigrasi Apresiasi Kinerja BPN Jakarta Utara

Agus-Widjajanto

Penyerahan sertifikat tanah milik Kemenkumham oleh Irjen Kementerian ATR/BPN RB Agus Widjajanto di kantor BPN Jakarta Utara (foto yasril/indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Dirjen (Direktur Jenderal) Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, mengapresiasi kinerja Kantor BPN Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta yang telah menyelesaikan pensertifikatan tanah yang akan dijadikan Kantor Imigrasi kelas 1A Jakarta Utara.

Dengan terbitnya sertifikat itu maka proses pembangunan kantor baru Imigrasi Jakarta Utara bisa dikebut.

“Saya miris dan sedih waktu lihat Kantor Imigrasi Jakarta Utara yang nyewa ruko,” kata Silmy Karim dalam acara serah terima sertipfikat aset Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik Daerah (BMD) di Kantor BPN Jakarta Utara, Kamis (15/2/ 2024).

Hadir dalam acara tersebut Irjen Kementerian ATR/BPN R.B. Agus Widjajanto, Kakanwil BPN DKI Jakarta Alen Saputra dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemenkumham, Eakil Wali Kota Jakarta Utara dan Pemkab Kepulauan Seribu.

Dikatakan Silmy, tanah yang disertifikatkan tersebut adalah tanah sitaan KPK yang dihibahkan ke Kemenkumham. Selanjutnya setelah menerima sertifikat, maka proses pembangunan kantor imigrasi tidak lagi menemui kendala.

“Karena sudah ada surat Peraturan Menteri tentang standarisasi pembangunan kantor imigrasi, mulai dari lokasi, struktur, desain fasilitas dan keamanan kantor,” ujarnya.

Sehingga dengan diterimanya sertifikat tanah tersebut bisa mendukung pelaksanaan standardisasi pembangunan kantor Imigrasi di Jakarta Utara. “Jadi kami berterimakasih kepada BPN yang sudah mensupport program kerja Imigrasi,” pungkas Silmy Kharim.

Sementara itu Irjen Kementerian ATR/BPN R.B. Agus Widjajanto juga memuji kerja cepat aparatnya, khususnya Kantor BPN Jakarta Utara yang bisa bekerja secara ‘bushido’ dalam menyelesaikan target pekerjaannya. Bushido yang dimaksud adalah bekerja secara cepat, loyal dan tanpa pamrih.

“Pak Taufik (Kakantah BPN Jakarta Utara) bekerja Bushido, cepat dan tangkas. Saya apresiasi atas kinerjanya,” kata Agus.

Alen Saputra, yang baru tiga hari menjabat sebagai Kepala Kanwil BPN Privinsi DKI Jakarta juga oengapresiasi kinerja jajaean Kantor BPN Jakarta Utara, termasuk fasilitas layananan yang ada di kantor BPN Jakarta sangat baik dan memenuhi standar,sehingga layak diusulkan mendapatkan predikat WBBM dari KementerianPAN-RB.

“Tadi saya meninjau lokat pelayanan,tuang tunggu untuk ini hami dan toilet sangat baik dan memenuhi standar layanan modern,”terang mantan Kakanwil BPN Kalimantan Selatan ini.

Diketahui, Kantor BPN Jakarta Utara telah menyelesaikan pensertipikatan aset milik Kemenkumham dan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan BPN Jakarta Utara, Taufik Suroso Wibowo, ada sejumlah 103 bidang yang sudah diserahkan pada tanggal 11 Juli 2023 lalu ada 1.014 bidang yang diserahkan pada ada tanggal 26 Juli 2023.

Sementara hari ini diserahkan sejumlah 35 bidang yang terdiri dari 1 bidang Aset BMN, 30 bidang aset BMD yang terletak di Kota Administrasi Jakarta Utara, dan 4 bidang aset BMD yang terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Dilanjutkan Taufik, juga ada pensertipikatan tanah aset BMN (Barang Milik Negara) sejumlah 1 bidang tanah atas nama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia seluas 2.707 m2.

“Dan perlu juga kami informasikan bahwa terdapat 750 Sertipikat Aset BMD yang juga akan diserahkan pada saat deklarasi Kota Lengkap Kota Administrasi Jakarta Utara pada saat mendatang,” tuturnya.

Sehingga total keseluruhan sertipikat BMD Pemprov DKI Jakarta yang sudah dan akan diserahkan berjumlah 1.901 sertipikat.

“Kita terus bekerja keras untuk segera menyelesaikan target pekerjaan yang diberikan kepada kami,” tegas Taufik. (yas)

Exit mobile version