Kakanwil BPN DKI Targetkan Dua Kantah Jadi Kota Lengkap Tahun ini

bpn

Kepala Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Alen Saputra. (Indopos.co.id/Yasril Chaniago)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Provinsi DKI Jakarta Alen Saputra menargetkan dua Kantor Pertanahan (Kantah) atau Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di wilayah DKI Jakarta, yakni Kantah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan menjadi Kota Lengkap tahun 2024 ini.

Hal ini ditegaskan oleh Alen Saputra saat mendampingi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR/BPN RB Agus Widjayanto saat penyerahan sertifikat BMN (Barang Milik Negara) dan BMD (Barang Milik Daerah) di Kantor Pertanahan Jakarta beberapa waktu lalu.

“Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tahun ini harus menjadi Kota Lengkap, menyusul saudaranya Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat yang sudah terlebih dahulu dideklarasikan menjadi Kota Lengkap,” tegas Alen.

Alen meminta kepada kepala Kantah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk segera menyelesaikan residu yang ada di kedua Kantah tersebut, agar target menjadi Kota Lengkap tahun ini dapat dicapai.

Ia menerangkan, yang dimaksud Kota Lengkap adalah pemetaan tanah yang sudah terdaftar keseluruhan secara resmi di Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan lengkap datanya baik secara spasial maupun yuridis.

“Artinya seluruh bidang tanah terpetakan (no gap, no overlap). Sedangkan lengkap secara yuridis, berarti data buku tanah dan surat ukur yang diunggah telah akurat antara dokumen fisik dan elektronik,” jelasnya.

Dengan menjadi Kota Lengkap membuat masyarakat dan instansi menjadi aman dalam hal pertanahan.

“Dengan adanya Kota Lengkap maka masyarakat menjadi aman dalam hal pertanahan, dan mafia tanah tidak akan bisa lagi bermain karena semua bidang tanah sudah terpetakan dan terdaftar,” tutupnya. (yas)

Exit mobile version