Puluhan Calon Petugas Haji DKI Jakarta Ikuti Bimtek PPIH di Asrama Pondok Gede

CPH

63 Calon Petugas Haji Daerah asal DKI Jakarta mengikuti Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 1445 H/2024 M di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jakarta Timur, mulai 19 sampai 28 Februari 2024. (Diskominfotik)

INDOPOS.CO.ID – Puluhan Calon Petugas Haji Daerah asal DKI Jakarta turut serta dalam Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter Tahun 1445 H/2024 M di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jakarta Timur, mulai 19 hingga 28 Februari 2024.

Para calon petugas haji dari DKI Jakarta ini menjalani bimtek bersama dengan Peserta Haji Daerah (PHD) dari daerah lain, seperti Lampung dan Banten, dengan total 390 peserta.

Kegiatan bimbingan teknis ini, yang bertemakan “Menyiapkan Petugas Haji Kloter yang Berintegritas,” merupakan bagian dari proses seleksi akhir dalam persiapan petugas PPIH Kloter Tahun 1445 H/2024 M.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Cecep Duyufurrohman menyampaikan 6.281 jemaah di DKI Jakarta telah mencapai istitaah (78 persen), sementara 1.603 jemaah belum melunasi dan 73 jemaah tidak memenuhi syarat istitaah.

“Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Jakarta akan mendampingi dan memberikan pembinaan kepada para jemaah di wilayah DKI Jakarta sebelum keberangkatan,” katanya dalam keterangan Rabu (21/2/2024).

Sementara itu, Direktur Bina Haji Kementerian Agama RI, Arsyad Hidayat mengatakan awal keberangkatan jemaah haji dimulai. Dari total 241.000 jemaah haji asal Indonesia, sekitar 45.000 di antaranya akan berangkat pada tanggal tersebut.

“Untuk menghindari kerumunan, disarankan agar tawaf ifadah tidak dilakukan secara langsung, melainkan setelah menyelesaikan jumrah aqabah terlebih dahulu. Mengingat kepadatan di Mina pada tahun 2023, untuk tahun 2024 seluruh jemaah akan ditempatkan di Mina syar’i dan Mina jadid (perluasan Mina),” ujar dia.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti berharap para peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan baik mulai awal hingga akhir pelatihan.

“Saya harap petugas jemaah haji bisa mengikuti bimtek dengan seksama sehingga dapat maksimal membantu jamaah haji saat di tanah suci nanti,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version