Polda Metro Jaya Antisipasi Kepadatan Mudik Lokal di Wilayah Aglomerasi Saat Idulfitri

Polda Metro Jaya Antisipasi Kepadatan Mudik Lokal di Wilayah Aglomerasi Saat Idulfitri - ade ary - www.indopos.co.id

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi. (Dok Polda Metro Jaya)

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengantisipasi kepadatan kendaraan akibat pergerekan orang yang terjadi pada musim mudik Lebaran Idulfitri 2024 di wilayah aglomerasi. Seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok. Itu bisa terjadi lantaran mudik lokal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, mudik lokal merupakan perjalanan masyarakat yang berada di sekitar Jakarta untuk bersilaturahmi pada Hari Raya Lebaran. Anggota Polri dipastikan selalu bersiaga.

“Mudik lokal itu maksudnya dari Tangerang ke Jakarta, dari Jakarta ke ke Bekasi dan sebagainya. Di wilayah Polda Metro Jaya, ada petugas kami di lapangan, ada,” kata Ade Ary di Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Apalagi posko pengamanan mudik masih, memonitor pergerakan masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2024. Serta layanan kantor polisi diklaimnya selalu non-stop.

“Kan tergelar juga pos pengamanan, kemudian kantor polisi ngga pernah tutup. Ada terus. 110 layanan kepolisian juga 24 jam,” ucap Ade Ary.

Termasuk soal pengaturan lalu lintas untuk mengurai kemacetan, tentu dipastikan bakal berjalan baik. “Jadi masyarakat ngga perlu khawatir,” ucap Ade Ary.

“Selalu ada petugas kami di lapangan yang berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, pengaturan lalu lintas. Tentunya tidak bekerja sendiri bareng-bareng dengan jajaran Pomdam Jaya dan Pemrov DKI,” tambahnya.

Hasil survei Potensi Pergerakan Angkutan Lebaran 2024 yang diselenggarakan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyebutkan, potensi pergerakan orang dari Jabodetabek pada Musim Lebaran tahun 2024 sebanyak 28,4 juta orang. Warga Jabodetabek yang ingin pergi mudik sebanyak 84,27 persen. (dan)

Exit mobile version