Petugas Kereta Api dan Nakes Bantu Persalinan Ibu Hamil saat Mudik Lebaran

nakes

Petugas kereta dan dokter anak memberikan pertolongan terhadap ibu hamil di KA Sembrani saat musim mudik Lebaran 2024. Foto: Dok KAI Daop 1 Jakarta

INDOPOS.CO.ID – Petugas PT Kereta Api indonesia (Persero) berhasil memberikan pertolongan terhadap ibu hamil yang kedapatan akan melahirkan saat perjalanan mudik Lebaran Idulfitri 2024 menggunakan akomodasi kereta api baru-baru ini.

Menurut informasi dari Pusat Pengendali Pelayanan KAI, penumpang kereta api bernama Meliana sedang hamil didampingi sang suami ingin mudik menggunakan KA Sembrani dengan relasi Bekasi-Cepu.

Namun, saat perjalanan menjelang Stasiun Tegal, Meliana merasakan sakit pada perutnya dengan posisi saat itu ia berada di bordes antara eksekutif 4 dan 5.

Beruntung ada penumpang lain yang berprofesi dokter anak di Rumah Sakit (RS) Kariadi Semarang bernama Rina Pratiwi dan bidan Puskesmas Senen Jakarta bernama Feni Wulandari.

Selanjutnya kondektur KA Sembrani melaporkan kejadian tersebut ke Pusat Pengendali Pelayanan untuk dikoordinasikan dengan Petugas terkait diantaranya Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (Pusdalopka) 4 Semarang dan Posko Kesehatan Tegal agar segera dilakukan pertolongan tindak lanjut.

“Dalam Perjalanan menuju Poskes Tegal, Kepala bayi posisi sudah keluar namun belum berhasil melahirkan,” kata Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Dari Poskes Tegal langsung penumpang tersebut disiapkan Ambulance, untuk dirujuk ke Rumah Sakit Islam Harapan Anda Tegal.

“Berkat kesigapan dan kesiapan seluruh unsur pelayanan penumpang, akhirnya Bayi berjenis kelamin laki-laki berhasil dilahirkan dengan selamat dengan cara normal,” ucap Ixfan.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan, yang telah membantu ibu sedang dalam proses melahirkan di kereta api serta tim KAI memberikan responsif untuk membantu (dan)

Exit mobile version