Kepala Terminal Kalideres: Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini

Revi-Zulkarnain

Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain. Foto: Pemkot Jakbar/Istimewa.

INDOPOS.CO.ID – Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain, menyatakan bahwa Terminal Bus Kalideres memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 yang jatuh pada Senin ini, dengan kedatangan sekitar 6.000 orang penumpang yang mayoritas berasal dari Jawa dan Sumatera.

“Ya, hari ini merupakan puncak arus balik karena besok kebanyakan orang akan kembali bekerja. Hari ini adalah hari terakhir cuti bersama dan diperkirakan bahwa jumlah penumpang akan mencapai lebih dari 6.000 orang sebelum tengah malam nanti,” katanya dalam keterangan Senin (15/4/2024)

Ia menjelaskan bahwa Terminal Bus Kalideres telah menerima kedatangan hingga 2.805 orang penumpang berdasarkan data yang dikumpulkan hingga pukul 14.00 WIB.

Pada waktu tersebut, jumlah penumpang yang tiba telah mencapai 2.805 orang, dengan tujuan utama dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Palembang, dan Lampung. Terjadi lonjakan jumlah penumpang tiba dibandingkan beberapa hari sebelumnya, dengan rincian 1.489 orang pada H+3 (Minggu, 14/4/2024), 2.147 orang pada H+2 (Sabtu, 13/4), dan 516 orang pada H+1 (Jumat, 12/4).

Meskipun begitu, tidak terlihat kepadatan penumpang di Terminal Bus Kalideres karena sebagian besar penumpang yang tiba langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum atau dijemput oleh kerabat mereka.

Situasi tersebut berbeda dengan saat arus mudik, di mana banyak penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Kalideres.

Dalam kesempatan ini, Revi juga mengimbau kepada para penumpang untuk tidak turun dari bus di luar terminal demi alasan keamanan dan keselamatan penumpang.

“Kami telah menyiapkan posko pengamanan terpadu dengan melibatkan kepolisian, TNI, Satpol PP, serta pihak-pihak lain seperti Senkom dan pramuka. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang di terminal. Dengan demikian, kami memastikan bahwa para penumpang yang melakukan arus balik dapat merasa aman baik ketika berada di dalam terminal maupun ketika menunggu di sana,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version