Bertemu Anak Jalanan di Jombang, Ini Pesan Tri Rismaharini

Mensos

Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui anak jalanan di Perempatan Gambiran, di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dok: Kemensos

INDOPOS.CO.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini menunjukan kepeduliannya terhadap anak jalanan di Perempatan Gambiran, di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ia berusaha membantu untuk mengubah nasib mereka.

Risma sapaan karihnya menepi saat rombongan Kemenkes bergerak, dari Kantor Kecamatan Mojoagung dan tengah melaju perlahan menuju Kantor Kecamatan Ngoro.

Tampak Risma turun dari kendaraan. Ia kemudiam berjalan bergegas menuju sekelompok anak-anak yang tengah tidur-tiduran di emperan toko.

“Ini kalian ngapain kok di sini ini? kamu mau ke mana? Habis ini pulang, kerja, saya ajari kerja. Buka kafe-kafe gitu, masak tidak bisa kamu,” kata Risma dalam keterangannya, Selasa (8/2/2022).

Ia memberikan pesan penting, agar mereka segera kembali pada kehidupan yang normal dan bisa berubah.

“Mau sampai kapan kalian kayak gini. Gak pengen berubah kamu? Sekarang sudah bisa sekolah, kenapa kamu kok tidak sekolah,” imbuh Risma.

“Ibuku ya lulusan SD, tapi anaknya tidak boleh lulusan SD ngerti ya. Makanya abis ini kamu kerja, tak ajari,” tambah mantan Wali Kota Surabaya itu.

Anak-anak jalanan tersebut bakal dikembalikan kepada orang tuanya. “Nanti kamu pulang tak antar, mampir ke tempat ku satu persatu. Kamu balik ke orang tuamu ya. (Saya-red) cari beneran loh kamu. Setelah ini kamu saya cari,” ucapnya.

Terdapat delapan anak jalanan yang dibantu Risma. Mereka masih berusia di bawah umur dari berbagai daerah, di antaranya Semarang, Sragen, Demak, hingga Malang.

Ia meminta, Dinas Sosial Jombang dan balai terdekat untuk mendata dan membantu memulangkan ke daerah asal.

Sementara kepada Balai Besar Prof. Soeharso Surakarta, diperintahkan melakukan asesmen terhadap anak-anak tersebut. Dari asesmen bisa ditentukan jenis layanan yang sesuai untuk mereka.

“Tolong dibina dulu baru diajari kerja. Misalnya mengelola cafe atau jualan pulsa atau lainnya. Mereka yang orang tuanya juga hidup di jalanan, sekalian diberikan asesmen dan ajari kerja juga untuk orang tuanya,” ucap Risma. (dan)

Exit mobile version