Tunjukkan Kinerja yang Baik, Tiga Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan

Bea Cukai

INDOPOS.CO.ID – Menuju tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance, Bea Cukai terus berkomitmen untuk melakukan upaya perbaikan secara terus-menerus, khususnya dalam kinerja pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai. Perbaikan kinerja ini pun diapresiasi berbagai pihak, terbukti dengan diterimanya penghargaan oleh tiga kantor Bea Cukai.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan penghargaan didapatkan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) dari para eksportir milenial yang tergabung dalam Komunitas Sulut Go Ekspor pada tanggal 5 Februari lalu. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Erwin Situmorang secara simbolis menerima penghargaan The Best Service Of Export Impor sebagai apresiasi kepada Kanwil Bea Cukai Sulbagtara yang telah memberikan pelayanan dengan prima, baik, dan lancar terhadap pelayanan yang berkaitan dengan kepabeanan dan cukai.

“Penghargaan tersebut diberikan karena Komunitas Sulut Go Ekspor merasa sangat terbantu dengan pelayanan yang baik, cepat, ramah, dan responsif yang telah diberikan oleh Kanwil Bea Cukai Sulbagtara. Berkat pelayanan yang prima tersebut, arus barang dan dokumen ekspor selama ini berjalan dengan cepat sehingga dapat menunjang ketepatan waktu ekspor mereka kepada penerima barang di luar negeri. Atas nama Bea Cukai, kami berterima kasih dengan penghargaan tersebut. Hal ini pun menguatkan posisi Bea Cukai saat ini, yaitu sebagai mitra kerja bagi pengguna jasa. Sebisa mungkin pengguna jasa akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan janji layanan yang telah ditetapkan dan bebas biaya,” ujar Hatta.

Selain Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, penghargaan juga diterima Bea Cukai Soekarno-Hatta dari PT Birotika Semesta (DHL Express). Penghargaan tersebut diberikan oleh Technical Advisor DHL Indonesia Derek Tully kepada Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan atas pelayanan optimal dalam melancarkan administrasi kepabeanan kegiatan ekspor dan impor selama tahun 2021 terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Dijelaskan Hatta, sepanjang tahun 2021, Bea Cukai Soekarno-Hatta telah memberikan pengawasan dan pelayanan yang optimal terhadap barang impor dan ekspor yang masuk dan keluar Indonesia, sebagai bentuk upaya dalam memberikan perlindungan pada masyarakat Indonesia dari ancaman barang ilegal dan berbahaya. “Bea Cukai Soekarno-Hatta juga membangun saluran komunikasi yang memadai, sebagai wadah konsultasi dan pertukaran informasi kepada pengguna jasa. Selain itu, kantor ini juga memfasilitasi kebutuhan para stakeholder terkait dengan proses admistrasi kepabeanan dan cukai dengan cepat, seperti halnya importasi vaksin dengan mekanisme pindah lokasi penimbunan (PLP) di Gudang DHL Express,” lengkapnya.

Tak hanya dua kantor tersebut, Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru juga turut menerima penghargaan dari pihak eksternal, kali ini dalam bidang penindakan. Atas kerja sama dan prestasi Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru dalam pencegahan penyelundupan gelap narkotika jaringan internasional Belanda di wilayah kerjanya, kantor ini menerima piagam penghargaan dari Polres Metro Jakarta Barat.

“Atas pencegahan penyelundupan barang-barang berbahaya, khususnya narkotika, yang masuk ke Indonesia melalui barang kiriman pos, Bea Cukai Pasar Baru mendapatkan apresiasi dari Polres Metro Jakarta Barat. Peran kedua instansi memang sangat diperlukan karena menjadi garda terdepan, terutama untuk penindakan peredaran gelap narkotika melalui barang kiriman Pos. Dengan adanya pemberian piagam penghargaan tersebut, diharapkan Bea Cukai Pasar Baru dapat lebih meningkatkan kinerja dan sinergi dengan Polres Metro Jakarta Barat untuk memberantas peredaran gelap narkotika melalui barang kiriman pos.”

Diungkapkan Hatta, ketiga penghargaan tersebut menjadi salah satu wujud penilaian eksternal kepada Bea Cukai dan indikator keberhasilan pelayanan dan pengawasan yang diberikan kantor-kantor Bea Cukai kepada pengguna jasa di wilayahnya masing-masing. “Segala bentuk kritik, saran dan apresiasi membangun dari masyarakat merupakan bentuk perhatian masyarakat. Kami berharap dengan diterimanya penghargaan-penghargaan tersebut dapat melecut semangat kantor-kantor Bea Cukai untuk terus memberikan pelayanan yang semakin baik lagi,” harapnya. (srv)

Exit mobile version