Produk Lokal Bangkitkan Ekonomi Rakyat Lewat Netas

Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno di acara Netas Rumah Alam Adventure Park, Sulawesi Utara, Selasa (15/2/2022)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri acara Netas (Nemuin Komunitas) di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Selasa. Dalam kesempatan itu, Sandiaga mendorong komunitas untuk bersama meningkatkan pelaksanaan event di Sulawesi Utara sebagai upaya membangkitkan perekonomian. Acara yang bertajuk “Komunitas Produk Lokal, dan Ekonomi Digital” di Rumah Alam Adventure Park, Selasa (15/2/2022) malam, Sandiaga mengatakan, ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di Sulawesi Utara. Mulai dari yang skala nasional hingga yang internasional.

“Jadi yang sedang kita upayakan adalah Likupang-Manado untuk World Beach Games. Ini yang harapannya bisa menjadi pertimbangan,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan event-event ini adalah upaya Kemenparekraf untuk mempromosikan potensi pariwisata, termasuk dengan memaksimalkan kekuatan komunitas seperti Genpi (Generasi Pesona Indonesia) dan Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) beserta para pemangku kepentingan di Sulawesi Utara yang telah mengemukakan komitmennya untuk membangkitkan perekonomian yang dimulai melalui pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Event-event akan tetap berjalan dengan protokol kesehatan dan juga melibatkan komunitas,” katanya.

Dengan kolaborasi dari berbagai pihak dan pemerintah, Sandiaga berharap, event-event tersebut dapat menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi masyarakat Sulawesi Utara. Khususnya dalam menggerakkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

“Jadi ini diharapkan sesuai dengan keinginan masyarakat yang sudah dua tahun ini terdampak oleh pandemi COVID-19,” ungkap Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda mengungkapkan pihaknya terus meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Minahasa Utara. Termasuk dalam hal pelaksanaan event.

“Hari ini kita melaksanakan event internasional salah satu _side event_ dari KTT G-20, yaitu Women 20 (W-20) dan akan berakhir besok. Mudah-mudahan event-event yang kita adakan ini bisa terus mewarnai Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas,” kata Joune. (ney)

Exit mobile version