Selasa, 17 Mei 2022
No Result
View All Result
www.indopos.co.id

Magazine Paten kesatu 2022

  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Nasional

Penuhi Hak, Pengaduan Harus Libatkan Masyarakat

by bro
Kamis, 17 Februari 2022 - 13:00
in Nasional
Prof Diah Natalisa

Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian PAN dan RB Prof Diah Natalisa di acara daring.

INDOPOS.CO.ID – Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian PAN dan RB Prof Diah Natalisa menuturkan, revolusi industri 4.0 memiliki dampak tiga ribu kali dari efek revolusi industri pertama di abad 18 silam. Penggunaan teknologi, menurut dia, tanpa batas dengan penggunaannya bukan lagi secara fisik namun secara virtual.

“Teknologi menjadi puncak transformasi peradaban manusia. Paradigma masyarakat juga menuntut negara hadir melalui pemerintahan dinamis dan transformatif merespon perubahan,” terang Prof Diah Natalisa saat launching Pelaksanaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) secara virtual, Kamis (17/2/2022).

BacaJuga

Geopolitik Memanas, Indonesia Diminta Berani Tentukan Sikap Politik Luar Negeri

MenKopUKM Apresiasi Slankers Berkoperasi Inovasi Brand “Slankops”

Ia menyebut, dampak transformasi pemerintahan sangat signifikan. Yakni memberikan jaminan agar masa depan peradaban manusia tetap stabil pertumbuhannya.

“Transformasi tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan legitimasi publik dan tidak juga meningkatkan kapasitas negara untuk pembangunan nasional saja,” katanya.

Ia mengungkapkan, dunia sangat membutuhkan transformasi pemerintahan, meskipun banyak terjadi kegagalan. Oleh karenanya, menurut dia, transformasi harus menyentuh jantungnya, bukan hanya melalui birokrasi yang mekanistik.

“Negara harus diposisikan sebagai organisasi yang hidup terdiri dari rakyat dan hidup untuk melayani rakyat,” ungkapnya.

Ia menegaskan, kapasitas negara harus dapat melahirkan kebijakan publik yang merespon kebutuhan masyarakat. Melalui keterpaduan hubungan pemerintah, sektor private, dan juga masyarakat dalam mendorong reformasi birokrasi.

“Sektor pelayanan publik harus ditransformasi dengan pemanfaatan teknologi dan informasi,” ungkapnya.

“Dengan menghadirkan pelayanan publik yang bersifat kolaboratif dengan tidak lagi menempatkan masyarakat secara pasif hanya sebagai penerima pelayanan. Tetapi melibatkan secara aktif dalam proses pelayan publik,” imbuhnya.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik mengamanatkan pemerintah mewujudkan keterlibatan masyarakat, mulai dari penetapan standar pelayanan, evaluasi penyelenggaraan hingga pemberian penghargaan.

“Ini untuk apa? Agar pelayanan publik berkualitas dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Ia menegaskan, ada beberapa alasan pengelolaan pengaduan masyarakat menjadi begitu penting. Sebab, masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, tidak diskriminatif, dan sesuai dengan standar pelayanan.

“Pengaduan masyarakat merupakan kesempatan bagi instansi pemerintah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan,” katanya.

“Ini jadi sarana pengelolaan pengaduan memberikan pemerintah kesempatan untuk dapat memberikan penjelasan, jawaban, dan juga klarifikasi yang layak atas keluhan dari masyarakat,” imbuhnya. (nas)

Tags: Kementerian PAN-RBProf Diah Natalisarevolusi industri
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

No Content Available
Load More

Populer hari ini

Timnas Indonesia-U23

Indonesia Dihadapkan Lawan Berat pada Seminal SEA Games, Ini Kata Ketum PSSI

Senin, 16 Mei 2022 - 08:20
Pendopo Lama

PT ABM Dikabarkan Diminta Keluar dari Pendopo Lama Gubernur Banten

Senin, 16 Mei 2022 - 12:55
Prof Diah Natalisa

Penuhi Hak, Pengaduan Harus Libatkan Masyarakat

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:00
Pendopo Lama

Gubernur Kerap Mimpi Buruk, Alasan Pendopo Lama Tak Dijadikan Rumdis

Senin, 16 Mei 2022 - 14:05
ilustrasi demo

Aksi Keprihatinan Petani Sawit, Apkasindo Sampaikan Lima Pesan ke Pemerintah

Selasa, 17 Mei 2022 - 01:31

E-Paper

Koran Indoposco 13 Mei 2022
koran indoposco

Koran Indoposco 13 Mei 2022

by aro
Jumat, 13 Mei 2022 - 05:01
koran indopos co
koran indoposco

Koran Indoposco 10 Mei 2022

by aro
Selasa, 10 Mei 2022 - 05:01
koranindopos
koran indoposco

Koran Indoposco 26 April 2022

by aro
Selasa, 26 April 2022 - 05:01
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2022.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2022.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist