Tingkatkan Kompetensi Pengelola Homestay Desa Gili Tramena, Kemenparekraf Lakukan Ini

menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (di panggung) berikan arahan ke pengelola homestay di NTB

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menekankan, kualitas dan kompetensi pengelola homestay di Desa Gili Tramena, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) harus ditingkatkan. Karena itu, kementerian yang dipimpinnya menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas pengelola homestay di Desa Gili Tramena, Lombok Utara, NTB, Sabtu (19/2/2022).

Sandi menjelaskan, kegiatan ini adalah komitmen Kemenparekraf dalam meningkatkan kualitas SDM dari segi pengelolaan homestay. “Ini agar para pengelola dapat memperkuat keberadaan homestay di destinasi super prioritas (DSP), mampu mengoptimalkan fungsi hunian, serta mampu memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan standar internasional,” ujarnya.

Dengan begitu kepuasan wisatawan akan meningkat dan akan berdampak pula pada peningkatan length of stay sehingga kebangkitan dan pemulihan ekonomi dapat terwujud.

“Ini juga bentuk peningkatan SDM kita agar pengelolaan sarana hunian wisata atau homestay, walaupun mungkin ada hotel-hotel berbintang, tapi homestay-homestay ini juga akan gemilang. Dan ide-ide inovatif seperti pemasaran melalui sarana bundling atau teknologi online, digital akan juga kita lakukan,” kata Sandiaga.

Melalui kegiatan bimtek pengelolaan homestay yang diikuti oleh 50 peserta, Menparekraf berharap pemerataan dari segi kebangkitan dan kepulihan ekonomi. “Pelatihan ini kita harapkan menjadi lokomotif untuk kepulihan sektor parekraf dan kebangkitan ekonomi,” ujar Sandiaga.

Sementara, Dosen Poltekpar Lombok, Yoshua Richard Agustinus, menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa, yang terdiri dari 1.704 pulau, dan salah satunya Pulau Gili Trawangan yang menjadi daya tarik wisata di Lombok, NTB.

Perlu adanya keterampilan SDM yang berkualitas dalam melayani wisatawan yang datang. Terlebih, fokus pariwisata ke depan mengusung konsep sustainable tourism. Dimana pembangunan dan pengelolaan Sarhunta (Sarana Hunian Pariwisata) atau homestay masuk ke dalam konsep tersebut.

Pengelola homestay harus memiliki attitude, attention, action, ability, accountability, affirmation dan sympathy, agar pengelolaan homestay agar hospitality meningkat. “Jadikan tamu sebagai keluarga. Jika tamu kita anggap sebagai keluarga, maka layanan prima yang diberikan akan keluar dengan sendirinya dari hati, sehingga nantinya tamu akan merasa nyaman dan akan datang kembali. Oleh karena itu, hospitality harus dijadikan senagai budaya kita dalam melayani tamu,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, Kemenparekraf juga memberikan dukungan amenitas homestay berupa sprei, handuk, tempat sampah, dan signage sapta pesona. (ney)

Exit mobile version