Tiga Karakter Pengusaha Sukses yang Perlu Diteladani UMKM NTB

umkm

Menparekraf Sandiaga Uno (baju putih) duduk sebagai pembicara di panggung

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkap setidaknya ada tiga karakteristik pengusaha sukses yang perlu dimiliki pelaku UMKM jika usahanya ingin berhasil. Hal itu disampaikan Sandiaga saat Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDA’KAN), yang diselenggarakan di Hotel Raja Mandalika, Minggu (20/2/2022).

Tiga karakteristik yang dimaksud meliputi inovatif, take a risk atau berani mengambil risiko, dan proactivity atau bergerak. Inovatif, sendiri maknanya selalu mencari perbaikan dan peningkatan dari kualitas produk yang dihasilkan.

Lalu, berani mengambil risiko, di masa pandemi masyarakat biasanya takut untuk menjalankan usaha, tapi seorang entrepreneur sejati harus berani mengambil risiko dalam situasi sesulit apapun. Terakhir, proactivity (bergerak), untuk selalu berusaha mencari dan mengikuti berbagai program yang dihadirkan oleh pemerintah.

“Sebagai enterpreneur harus memiliki tiga karakter utama inovatif, berani mengambil keputusan, dan proactivity,” katanya.

Selain ketiga karakter yang harus ditanamkan oleh pelaku ekonomi kreatif, dalam menghasilkan produk ekraf yang berdaya saing dan berkualitas yang perlu diperhatikan adalah dari segi kemasan. Dikatakan Menparekraf, kemasan adalah queen, sedangkan isi dan rasa produk adalah king, jika keduanya dihadirkan dalam satu produk, maka akan menjadi kingdom yang kuat, dan akan berdampak pada peningkatan penghasilan dan juga terbukanya peluang usaha.

Oleh karena itu, program BEDA’KAN dihadirkan Kemenparekraf, agar pelaku ekonomi kreatif di NTB mampu menciptakan desain dan kemasan yang menarik sehingga bisa memberikan nilai tambah dan daya tarik terhadap produk di mata masyarakat. Kemasan produk kuliner juga harus memiliki nilai fungsi yang optimal serta sesuai dengan target pasar. Terlebih lagi, perhelatan MotoGP Mandalika sebentar lagi akan berlangsung. Pelaku ekraf harus mampu mengambil peluang tersebut.

“Seiring dengan cukup banyak event internasional yang diadakan di Indonesia seperti MotoGP dan KTT G20 para pelaku UMKM harus bisa mengambil peran untuk hadir dalam gelaran tersebut,” ungkapnya.

Sementara salah seorang peserta BEDA’KAN, owner Niat Baik Bekry, Novita Dewi menyampaikan bahwa program ini adalah program Kemenparekraf yang tepat sasaran dan tepat manfaat. Karena, Novita mengaku banyak mendapat manfaat, seperti omzet penjualan meningkat hampir 10 kali lipat. Selain program BEDA’KAN, Novita juga pernah mengikuti program Masamo (Masak Bersama Master secara Online), dan AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia).

“Saya benar-benar bersyukur sekali aktif di media sosial, selalu memantau untuk mencari informasi mengenai program baru Kemenparekraf. Karena banyak sekali manfaat yang saya dapat,” tuturnya. (ney)

Exit mobile version