Sandiaga Uno, Menteri Rasa Motivator Entrepreneurs

Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu

INDOPOS.CO.ID – Tiap melakukan kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, tentu akan berkesan. Karena hampir setiap kesempatan Sandiaga jualan ide dan memotivasi khalayak yang ditemuinya. Selaku menteri yang membidangi pariwisata dan ekonomi kreatif, tentu insan yang ditemui adalah orang orang kreatif, tapi perlu didukung. Hal itu tergambar dalam workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif di Aula Serbaguna Kabupaten Belitung, Sabtu (26/2/2022).

Sandiaga menyampaikan Kabupaten Belitung memiliki potensi subsektor kuliner yang sangat kaya dan beraneka ragam. Namun, perlu ada beberapa hal yang ditingkatkan, seperti digitalisasi, mematuhi protokol kesehatan, serta inovasi dari segi kemasan.

“Kuncinya adalah UMKM yang sudah beradaptasi. Satu adaptasi secara digitalisasi jadi mereka memiliki kapasitas untuk masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital. Kedua mereka yang sudah mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” kata Sandiaga.

Salah satu cara para pelaku ekonomi kreatif meningkatkan hal-hal tersebut adalah dengan mengikuti gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Sehingga perekonomian dapat bangkit dan lapangan kerja semakin terbuka lebar.

“Karena kuliner ini menyumbang penciptaan lapangan kerja hingga 45 persen. Jadi kebangkitan ekonomi di Provinsi Bangka Belitung ini juga akan dipicu oleh kemajuan subsektor kulinernya yang menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita dan harapannya ini akan menjawab kebutuhan masyarakat,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga mencoba memasak dan mencicipi salah satu kuliner khas Belitung, Mi Cumi. “Mi cumi ini sangat enak dan tidak kalah dengan mi dari Italia jadi ini bisa memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan,” ungkapnya. (ney)

Exit mobile version