Minggu, 2 April 2023
No Result
View All Result
www.indopos.co.id

  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Nasional

Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

by bro
Selasa, 8 Maret 2022 - 15:01
in Nasional
Kementerian ATR/BPN

Sekjen Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto saat menjadi _keynote speaker_ dalam acara "Penguatan Pengelolaan Pengaduan melalui SP4N-LAPOR!", yang diselenggarakan oleh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN secara daring, Senin (7/3/2022).

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOS.CO.ID – Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, pelayanan publik dituntut untuk maksimal dan memiliki respons yang cepat dalam melayani masyarakat, salah satunya melalui pengelolaan pengaduan masyarakat yang merupakan suatu keniscayaan dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Untuk itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus meningkatkan pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai dengan visi dan misi yaitu menjadi institusi di bidang pertanahan dan tata ruang yang terpercaya dan berstandar dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto saat menjadi _keynote speaker_ dalam acara “Penguatan Pengelolaan Pengaduan melalui SP4N-LAPOR!”, yang diselenggarakan oleh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN secara daring, Senin (7/3/2022).

BacaJuga

Satgas Covid-19: Cakupan Vaksin Booster Lebih dari 68 Juta Orang

KemenKopUKM Dorong KUMKM di Pandeglang Dikembangkan dengan Pendekatan Klaster

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN mempunyai jumlah layanan transaksi harian yang aktif di seluruh kantor pertanahan yang ada di Indonesia. Maka dari itu, Kementerian ATR/BPN harus menciptakan pelayanan publik yang baik. “Tentu hal ini harus diwujudkan ke dalam sebuah program kerja untuk mendukung visi Kementerian ATR/BPN, yaitu dengan menciptakan pelayanan publik yang baik melalui tata kelolanya yang berkualitas dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat,” ujar Sekjen Kementerian ATR/BPN.

Mengenai sistem pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR! yang dibangun Kementerian PAN-RB, ia menuturkan bahwa pengelolaan pengaduan melalui kanal tersebut perlu didukung dan direspons dalam waktu yang cepat. “Kita juga harus melakukan respons _time_ yang cepat, untuk melakukan respons terhadap pengaduan yang ada. Jumlah pengaduannya pasti akan banyak karena volume kita luar biasa banyaknya baik itu yang transaksi jual beli, hak tanggungan dan lainnya,” tutur Himawan Arief Sugoto.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Yanuar Ahmad mengatakan SP4N-LAPOR! dikelola secara berjenjang. Menurutnya agar terwujud pengelolaan pengaduan yang baik, maka perlu ada mekanisme _monitoring_ dan evaluasi yang dilakukan secara berjenjang. Untuk memaksimalkan tata kelola pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR!, diperlukan penguatan dari kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk dapat memaksimalkan tata pengelolaan pengaduan melalui SP4N LAPOR! maka diperlukan penguatan kelembagaan dan SDM. Penguatan kelembagaan ini juga menjadi salah satu program yang dicakup dalam _roadmap_ SP4N-LAPOR!. Terdapat empat indikator dalam upaya penguatan, di antaranya komitmen pembuat kebijakan, kualitas koordinasi, alokasi SDM yang memadai, dan efektivitas pembelajaran SP4N-LAPOR!,” ungkapnya.

Turut hadir, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati. Ia menjelaskan selain SP4N-LAPOR!, Kementerian ATR/BPN juga memiliki kanal-kanal pengaduan masyarakat yang lain, seperti di media sosial, email, dan _hotline_. “Terlebih di masa pandemi ini interaksi melalui media sosial cukup tinggi dengan menggunakan #TanyaATRBPN. Tadinya masyarakat banyak bertanya melalui loket, tetapi adanya pembatasan karena pandemi selain SP4N-LAPOR kita juga membuka melalui email dan _hotline_,” pungkasnya. (srv)

Tags: kementerian atr/bpnPengelolaan Pengaduan Masyarakat
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

BNI, DJKN, dan Kementerian ATR/BPN Kerja Sama Gelar Lelang Aset Agunan Milik BNI
Ekonomi

BNI, DJKN, dan Kementerian ATR/BPN Kerja Sama Gelar Lelang Aset Agunan Milik BNI

Jumat, 31 Maret 2023 - 15:12
Kampanye “Jadi Lebih Fun” Timezone Perkuat Posisi sebagai Tempat Hiburan Keluarga
Nasional

Madiun Buka Peluang Investasi yang Lebih Besar

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:46
Kampanye “Jadi Lebih Fun” Timezone Perkuat Posisi sebagai Tempat Hiburan Keluarga
Nasional

Serahkan Sertipikat Aset Pemerintah, Menteri ATR/Kepala BPN: Ini Bentuk Mitigasi Kerugian Keuangan Negara

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:27
Kepala Kantah Jaktim Penuhi Panggilan KPK, Kementerian ATR/BPN Hormati Proses Pemeriksaan yang Berlangsung
Nasional

Kepala Kantah Jaktim Penuhi Panggilan KPK, Kementerian ATR/BPN Hormati Proses Pemeriksaan yang Berlangsung

Selasa, 21 Maret 2023 - 19:53
Sudarman-Harjasaputra-Saputra
Nasional

Diterpa Isu Miring, Karir Kepala BPN Jakarta Timur Melejit

Senin, 20 Maret 2023 - 12:33
Yenti-Garnasih
Nasional

Pakar Hukum Minta Menteri BPN Tiru Setneg dalam Penegakan Aturan Pegawai

Minggu, 19 Maret 2023 - 23:37
Load More

Populer hari ini

AXA-Mandiri

Ini Penjelasan AXA Mandiri terkait Keluhan Mantan Nasabah Arbi Alfarisi

Sabtu, 1 April 2023 - 11:05
axa

Viral Nasabah Protes, AXA Mandiri: Beliau Paham Asuransi Unitlink

Jumat, 31 Maret 2023 - 21:56
Salesforce dan Nokentech Latih Keterampilan Digital 100.000 Pelajar Indonesia selama 3 Tahun

Salesforce dan Nokentech Latih Keterampilan Digital 100.000 Pelajar Indonesia selama 3 Tahun

Jumat, 31 Maret 2023 - 16:41
Dini-Indriani

Indri Andhiny Nasabah Diduga Korban Penipuan Perusahaan Asuransi Sepakat Mediasi

Rabu, 29 Maret 2023 - 21:53
Layani Kebutuhan Transaksi Libur Lebaran, BRI Sediakan Uang Tunai Rp32Triliun

Layani Kebutuhan Transaksi Libur Lebaran, BRI Sediakan Uang Tunai Rp32Triliun

Jumat, 31 Maret 2023 - 16:12

E-Paper

Koran Indoposco Edisi 31 Maret 2023 - Screenshot 2023 03 31 at 12.08.42 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 31 Maret 2023

by gimbal
Jumat, 31 Maret 2023 - 00:17
Koran Indoposco Edisi 28 Maret 2023 - Screenshot 2023 03 27 at 10.59.42 PM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 28 Maret 2023

by gimbal
Senin, 27 Maret 2023 - 23:10
Koran Indoposco Edisi 21 Maret 2023 - Screenshot 2023 03 20 at 11.55.59 PM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 21 Maret 2023

by gimbal
Selasa, 21 Maret 2023 - 00:08
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2023.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2023.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist