BPN Jakbar Diganjar Penghargaan KemenPAN-RB

bpn jakbar

Loket pelayanan di BPN Kota Administrasi Jakarta Barat

INDOPOS.CO.ID – Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Barat adalah satu satunya Kantah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan kategori ‘pelayanan prima’ dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tahun 2022.

Penghargaan bergengsi dari Kementerian PAN-RB ini tentu saja tidak hanya membanggakan bagi insan Pertanahan di lingkungan Kantah Jakarta Barat, namun juga bagi semua insan Pertanahan di seluruh Indonesia, seperti yang diungkapkan oleh Menteri Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

“Tentang apresiasi dari Kementerian PANRB ini bukan ditujukan ke saya, tapi kepada teman-teman yang bekerja baik sekali, terutama di Kantor Pertanahan yang meningkatkan pelayanan menuju layanan prima. Apresiasi itu ditujukan bagi seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Admintarasi Jakarta Barat Sri Parnoto mengatakan, predikat yang diberikan oleh KemenPAN-RB kepada Kantor Pertanahan Jakarta Barat berkat kerja keras dan kerjasama semua jajaran di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat untuk merubah pola pikir dalam bekerja. Perbaikan dan penguatan aspek- aspek dalam layanan publik dilakukan sesuai ketentuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik antara lain aspek penerapan kebijakan layanan yang dilakukan, peningkatan kapasitas SDM, Penyiapan sarana dan prasana, SIPP, Konsultasi dan Pegaduan serta membuat inovasi-inovasi untuk memudahkan layanan dan pemberian Informasi.

Dalam implementasinya di Kantor Pertanahan dilakukan dengan melakukan penguatan penggunaan aplikasi KKP, Optimalsiasi layanan elektronik dan pendaftaran online, peningkatan kualitas data tekstual dan spasial serta penangganan informasi dan pengaduaan yang lebih informatif dan terpadu dengan adanya command center.

Selain itu peningkatan koordinasi dan sinergi dengan para stake holder dan pemerintah daerah. Staregi publikasi dan komunikasi juga dilakukan lewat media social dan media lainya juga dilakukan. “Adapun wujud nyatanya adalah tahun 2021 ini Kantah Kota Jakarta Barat juga mendapatkan predikat WBK dan Penghargaan standar layanan publik tertinggi dari Ombudsman Republik Indonesia tahun 2022,” ujar Sri Pranoto kepada indopos.co.id, Kamis (10/3/2022).

Mantan Kepala Kantah Kota Tangerang ini juga menjelaskan, pihaknya juga melakukan desain ruangan yang modern, bersih, nyaman, dan ramah serta fasilitas pendukung seperti Pojok Laktasi dan pojok bermain balita.

Perubahan itu dimulai awal tahun 2021 lalu, di mana dilakukan perubahan tata letak dan konsep loket layanan yang nyaman dimana terdapat banyak loket dengan masing-masing pelayanan seperti Loket Khusus untuk pemohon tanpa kuasa, loket khusus pensiunan, hingga loket Lansia dan Disabilitas.

Tak hanya itu, BPN Jakarta Barat juga menyediakan pula loket khusus Informasi dan Pengaduan Masyarakat, loket ruang temu PTSL untuk mengakomidir permasalahan dan penyelesaian berkas-berkas PTSL dan untuk mendapatkan informasi berkas layanan dan konsultasi dengan petugas dan satgas PTSL.

Kemudian, ada juga loket Informasi Layanan Pertanahan dengan adanya monitor-monitor digital KIOS-K, Sentuh Tanahku dan Papan Digital, Loket Online dan Validasi untuk pelakasanaan layanan elektronik dan validasi data buku tanah dan bidang tanah, Loket Penyerahan dan adanya survey IKM.

Dijelaskan, perubahan loket layanan dan perubahan pola layanan yang dibuat lebih jelas, terarah dan tetap melaksanakan layanan di masa pandemi dengan tetap menjaga protokol pencegahan Covid-19 selaa masa Pendemi.

Langkah berikut yang dilakukan oleh Kantah Kota Administrasi Jakarat Barat adalah merespons cepat keluhan dan pengaduan masyarakat dengan menyiagakan sejumlah petugas, dari mulai dari pintu gerbang, pintu masuk, sampai loket-loket layanan bagi warga yang membutuhkan bantuan dalam pengurusan dokumen tanah. Pemberian WA Blast berkas terdaftar dan berkas sudah selesai juga dilakukan sehingga pengguna layanan sudah mendapatkan informasi terlebih dahulu berkas sudah terdaftar dan berkas sudah selesai untuk segera diambil diloket penyerahan.

“Pelayanan publik merupakan wajah pemerintah, karena berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat yang menilai langsung pelayanan yang kita berikan. Jadi baik tidaknya pemerintahan, itu bisa dilihat dari pelayanan publiknya,” ujarnya.

Penghargaan ini, kata pria yang akrab disapa Toto, merupakan motivasi bagi dirinya dan seluruh jajaran di Kantah Jakarta Barat untuk terus dan terus bisa meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. “Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tukasnya. (yas)

Exit mobile version