Demo Mahasiswa Papua Ricuh, Sejumlah Anggota Polisi Terluka

demo

Tangkapan layar saling dorong antara mahasiswa dan petugas di dekat Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/3/2022). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Aksi unjuk rasa mahasiswa Papua di depan kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta Pusat berujung ricuh. Sehingga mengakibatkan Perwira polisi terluka dibagian kepala.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Komebspol Hengki Haryadi menyatakan, anggotanya yang terluka adalah Kasat Intel Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Ferikson Tampubolon. Kini menjalani perawatan intensi di rumah sakit Tarakan, Cideng, Jakarta Pusat.

“Anggota kami yang terluka Kasat Intel ada di rumah sakit Tarakan, sedang mendapat penanganan intensif. Ada luka-luka jadi, sempat tak sadarkan diri,” kata Hengki di Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Insiden tersebut terjadi saat korban AKBP Ferikson melakukan giat tugas mengamankan demo mahasiswa Papua. Berdasar foto-foto yang beredar, dia tampak mengucurkan darah dari kepalanya.

Selain seorang Perwira polisi, ada empat anggota Sabhara yang mengalami kejadian serupa. Mereka dilarikan ke Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polres Jakarta Pusat.

“Anggota lain ada perawatan dari
Biddokkes Polres Metro Jakpus, ada empat orang yang terluka,” beber Hengki.

Para mahasiswa Papua itu menyampaikan pendapat di muka umum tentang penolakan pemekaran Papua. Aksi mereka dikabarkan tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

“Kita harus paham bahwa hak menyampaikan pendapat di muka umum, dibatasi kewajiban peraturan berlaku dan kewajiban untuk menghormati hak orang lain,” ujar Hengki. (dan)

Exit mobile version