Selasa, 17 Mei 2022
No Result
View All Result
www.indopos.co.id

Magazine Paten kesatu 2022

  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Nasional

Kemenparekraf Gelar Kampanye 65 Desa Wisata

by bro
Sabtu, 12 Maret 2022 - 22:58
in Nasional
kemenparekraf

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi (baju putih) di sebuah Desa Wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan sosialisasi “Sadar Wisata”. Program yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye sadar wisata akan berlangsung di 65 desa wisata di 6 Destinasi Prioritas Pariwisata (DPP) Indonesia. Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi, dalam keterangannya, Sabtu (12/3/2022), mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas masyarakat desa wisata dalam pelayanan wisata.

“Masyarakat yang sadar wisata nantinya diharapkan dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. Aktualisasi nilai-nilai tersebut menjadi perilaku sehari-hari dalam melayani wisatawan sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal,” kata Florida Pardosi.

BacaJuga

Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI dan Polri

Pemulung Diusulkan BPJS Ketenagakerjaan Tahun Ini

Kegiatan sosialisasi melibatkan narasumber yang kompeten di bidang terkait, seperti pengajar atau pelaku kepariwisataan dan hospitality. Sedangkan peserta meliputi kelompok masyarakat yang langsung berhubungan dengan kegiatan usaha atau bisnis pariwisata, serta kelompok masyarakat yang secara tidak langsung mendukung kegiatan wisata, seperti tokoh masyarakat, mahasiswa, pelajar, pekerja formal.

Serta pengembangan produk wisata secara inklusif dan terintegrasi dengan Kawasan 6 Destinasi Prioritas Pariwisata Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan, yang disasar untuk peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tahap pertama di Lombok dilaksanakan dua hari, bertempat di empat Desa Wisata, yakni Desa Wisata Kuta dan Desa Rembitan pada Kamis (10/3), kemudian Desa Buwun Mas dan Desa Selong Belanak pada Jumat (11/3).

Pemahaman sadar wisata diharapkan dapat membangun pola pikir bagi masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam pengembangan pariwisata di daerahnya. Meningkatkan kesadaran dan praktik masyarakat desa tentang pentingnya Sapta Pesona, Pelayanan Prima, dan CHSE.

“Pada akhirnya, masyarakat yang Sadar Wisata di samping sebagai tuan rumah yang baik, juga menjadi penggerak dan pelaku pengembangan destinasi pariwisata di desanya. Masyarakat dapat memperoleh manfaat dari kegiatan kepariwisataan yang dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Florida Pardosi.

Hal senada dikatakan oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rinto Taufik Simbolon, dalam paparannya di acara sosialisasi yang berlangsung di Kampung Homestay, Desa Wisata Kuta, Lombok Tengah. Ia menjelaskan bahwa sosialisasi akan dilaksanakan di 6 DPP di indonesia, yang diharapkan dapat berkembang lebih maju sebagai destinasi wisata.

“Agar benar-benar menjadi mandiri yang melaksanakan kegiatan Sapta Pesona, CHSE ( _Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability_ ) dan meningkatkan kompetensi layanan prima dari masyarakat,” katanya.

Terkait pemilihan Mandalika sebagai lokasi pertama kegiatan sosialisasi, dikatakan Rinto, adalah karena kawasan tersebut tengah menjadi ajang kegiatan internasional MotoGP Mandalika 2022. Diharapkan masyarakat setempat dapat melayani tamu dari dalam maupun luar negeri dengan lebih optimal.

“Kawasan destinasi Mandalika ini sangat potensial. Bimbingan dan pemberian semangat kepada SDM (Sumber Daya Manusia) harus terus diberikan, agar warga dapat memberikan pelayanan yang prima dan ikhlas,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, Lendek Jayadi, berharap pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan semangat dan kemampuan warga menerima tamu yang berkunjung, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Menurutnya, melalui pariwisata, energi masyarakat Lombok sebagai warga yang beragama dan berbudaya akan dapat diejawantahkan.

“Ini harus bisa ditarik menjadi pesan, cara interaksi, dan

pengalaman batiniah agar tamu dapat merasakan kearifan budaya kita,” tuturnya.

Yeni Aprianti, 19 tahun, warga Desa Rambitan yang menjadi salah satu peserta sosialisasi, mengatakan dirinya mendapatkan banyak ilmu terkait sadar wisata melalui kegiatan sosialisasi. Bahkan, ia termotivasi untuk membangun wirausaha yang mendukung pariwisata di daerahnya.

“Ke depannya, saya ingin ikut menyukseskan wisata di Rembitan. Saya ingin membuat usaha baru, membuat gelang untuk suvenir dari Rembitan,” imbuhnya.

Setelah Lombok (Nusa Tenggara Barat), kegiatan ini juga akan diselenggarakan di Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara); dan Labuan Bajo/Taman Nasional Komodo (Nusa Tenggara Timur). (ney)

Tags: desa wisataKampanyekemenparekrafKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

menparekraf
Nasional

Bali Trail Running 2022 Perkuat Geliat Kebangkitan Parekraf Bali

Senin, 16 Mei 2022 - 15:39
menparekraf
Nasional

Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana Bangkitkan Ekonomi, Lestarikan Lingkungan Bali

Minggu, 15 Mei 2022 - 09:25
kemenparekraf
Nasional

Kemenparekraf Dukung Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra

Jumat, 13 Mei 2022 - 22:15
kemenparekraf
Nasional

Lima Hal Jadi Fokus Utama Pembahasan “The 1st Tourism Working Group” pada KTT G20

Senin, 9 Mei 2022 - 12:09
menparekraf
Ekonomi

Menparekraf Dorong Kerja Sama Pariwisata dengan Singapura

Senin, 9 Mei 2022 - 11:03
Kemenparekraf Sandiaga Uno
Nasional

Sedotan Purun Salah Satu Wujud Konkret Konservasi Pariwisata Berbasis Alam

Jumat, 6 Mei 2022 - 09:05
Load More

Populer hari ini

Timnas Indonesia-U23

Indonesia Dihadapkan Lawan Berat pada Seminal SEA Games, Ini Kata Ketum PSSI

Senin, 16 Mei 2022 - 08:20
Pendopo Lama

PT ABM Dikabarkan Diminta Keluar dari Pendopo Lama Gubernur Banten

Senin, 16 Mei 2022 - 12:55
kemenparekraf

Kemenparekraf Gelar Kampanye 65 Desa Wisata

Sabtu, 12 Maret 2022 - 22:58
Pendopo Lama

Gubernur Kerap Mimpi Buruk, Alasan Pendopo Lama Tak Dijadikan Rumdis

Senin, 16 Mei 2022 - 14:05
ilustrasi demo

Aksi Keprihatinan Petani Sawit, Apkasindo Sampaikan Lima Pesan ke Pemerintah

Selasa, 17 Mei 2022 - 01:31

E-Paper

Koran Indoposco 13 Mei 2022
koran indoposco

Koran Indoposco 13 Mei 2022

by aro
Jumat, 13 Mei 2022 - 05:01
koran indopos co
koran indoposco

Koran Indoposco 10 Mei 2022

by aro
Selasa, 10 Mei 2022 - 05:01
koranindopos
koran indoposco

Koran Indoposco 26 April 2022

by aro
Selasa, 26 April 2022 - 05:01
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2022.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2022.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist