Kemensos Bantu Anak Transplantasi Sepasang Kornea Mata

kemensos

Menteri Sosial Tri Rismaharini secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Zahida Qalbi Nadifa. Dok: Kemensos

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) bersama kitabisa.com menyerahkan donasi masyarakat untuk membantu Zahida Qalbi Nadifa, yang mengalami kelainan mata dengan istilah teknis corneal opacities ods suspek dermold cysts.

Zahida memerlukan operasi transplantasi kornea untuk mengangkat penyakitnya. Biaya operasinya mencapai Rp28.000.000. Donasinya pun telah diserahkan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi masyarakat dan dermawan yang telah memberikan sumbangannya. Negara harus hadir untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu.

“Pengobatan untuk adik Zahida dan anak-anak lainnya yang mengalami penyakit semacam itu, membutuhkan penanganan secara berlanjut,” kata Risma di Sentra Meohai Kendari, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (19/3/2022).

“Anggaran negara tidak didesain untuk pembiayaan semacam itu. Maka, saya mengajak serta masyarakat melalui kitabisa.com untuk membantu,” tambahnya.

Zahida sudah mendapatkan bantuan biaya dark donasi Rp 270.000.000. Sebelumnya, pada 8 Februari 2022, telah dilakukan transplantasi pada salah satu mata Zahida di Jakarta Eye Center (JEC) di Kedoya, Jakarta.

Saat ini, ia menjalani rawat jalan dan kontrol di dokter spesialis mata RS Bahteramas, Kendari, sambil menunggu jadwal transplantasi kornea mata yang satunya lagi.

Kepala Sentra Minaula Kendari Syamsuddin menyatakan, pihaknya telah melakukan intervensi dengan memberikan bantuan berupa kebutuhan dasar dan nutrisi untuk Zahida berupa susu, popok, minyak telon, bedak, sabun, dan vitamin.

“Termasuk, memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap ayah dan Ibu Zahida, serta memfasilitasi pembiayaan dan akomodasi Zahida dan keluarga ke Jakarta untuk menjalani operasi,” kata Syamsuddin. (dan)

Exit mobile version