Menkominfo: Pemilu 2024 Bisa Secara Online

Menkominfo

Menkominfo Johnny G plate di KPU

INDOPOS.CO.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sangat mungkin dilakukan secara digital. Karena sudah banyak negara yang menerapkan e-voting.

“Manfaat teknologi digital dalam Pemilu untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam proses kontestasi politik. Baik dalam tahapan pemilih, verifikasi identitas pemilih, pemungutan suara, penghitungan suara hingga transmisi dan tabulasi hasil pemilu,” terang Johnny G Plate di KPU, Rabu (23/3/2022).

Ia menyebut salah satu negara yang menerapkan pemuli e-voting adalah negara Baltik di Eropa Utara, Estonia. Mereka jadi negara terdepan di dunia karena keberhasilan mengadopsi pemungutan suara secara digital.

“Melalui pemungutan suara online yang bebas, adil dan aman, serta melalui sistem e-vote atau internet voting. Estonia telah melaksanakannya sejak 2005 lalu dan telah memiliki sistem pemilu digital di tingkat kota, negara dan di tingkat Uni Eropa” katanya.

“Dan telah digunakan oleh 46,7 persen penduduk. Jadi bukan baru, termasuk KPU ini sudah lama juga menyiapkannya,” imbuhnya.

Ia menuturkan, digitalisasi tahapan pemilu juga tengah berlangsung di India. Menurutnya, KPU India bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi tengah mengembangkan teknologi blokchain.

“Saat ini India is now using it! India sedang menggunakan blockchain untuk mendukung voting jarak jauh dalam pemilihan umum (televoting). Diharapkan dapat direalisasi dalam pemilihan umum India tahun 2024 mendatang, sama seperti kita,” ujarnya.

“Jadi kalau kita melakukan benchmark dan studi tukar informasi dan pengetahuan, serta pengalaman bisa dilakukan bersama mereka,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version