Ahli Kesehatan Minta Pemerintah Waspadai Oknum Jual Sertifikat

ilustrasi vaksinasi

Ilustrasi vaksinasi. (Kemenkes)

INDOPOS.CO.ID – Ahli Kesehatan Masyarakat Jusuf Kristianto mengingatkan pemerintah agar waspada adanya oknum pada sertifikat vaksin booster (dosis ketiga). Demikian juga pada lansia yang menjadi sasaran prioritas vaksin booster.

“Jangan sampai lansia yang sudah menerima vaksin booster, tetapi sertifikatnya tidak ada,” ujar Jusuf Kristianto di Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Dengan kondisi tersebut, ia khawatir mereka tidak bisa melakukan mudik lebaran. ”Waspada juga adanya oknum yang mencari keuntungan. Mereka mengeluarkan sertifikat booster tapi orangnya belum menerima vaksin,” imbuhnya.

Sebab, lanjut dia, akan banyak menemukan kasus orang dengan tanpa gejala (OTG) saat lebaran nanti. sehingga, akan memicu munculnya penularan Covid-19.

“Untuk layanan vaksinasi harus dilakukan ketat. Dan yang harus diwapsadai itu di daerah yang lemah pengawasan,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah membuka mudik lebaran 2022. Presiden Jokowi mengatakan, mudik lebaran 2022 harus dengan syarat menerima vaksinasi dosis ketiga. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (nas)

Exit mobile version