Tanamkan Budaya Kerja Positif, Bea Cukai Perkuat Integritas Jajarannya

Rakor Bea Cukai

INDOPOS.CO.ID – Jalankan amanat yang tertuang dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan, Bea Cukai secara kontinu melakukan berabagai upaya untuk meningkatkan integritas seluruh jajarannya. Hal ini sangat penting mengingat Bea Cukai memiliki peran dalam memberikan pelayanan dan fasilitas fiskal atau non-fiskal kepada masyarakat.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hata Wardhana menjelaskan bahwa integritas adalah kegiatan berpikir, berkata, berperilaku, dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral. “Ini harus jadi pegangan kita,” tegasnya.

Secara daring, Bea Cukai Semarang mengadakan kegiatan pengarahan penguatan integritas kepada seluruh pegawai, (15/03). Dalam kegiatan ini seluruh pegawai diimbau agar terus meningkatkan nilai integritas dalam diri masing-masing pegawai baik dalam pekerjaan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Hatta menambahkan bahwa pihaknya akan menambah kegiatan yang lebih inovatif terkait peningkatan integritas pegawai, seperti sosialisasi terkait korupsi dan tindakan yang mengarah kepada sifat koruptif. “Dengan adanya inovasi ini, diharapkan materi terkait integritas ini dapat dengan mudah diterima dan dipahami oleh pegawai,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam rangka menyukseskan program Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Bea Cukai Bogor melaksanakan kegiatan penguatan integritas pegawai dengan tema “Menanamkan Budaya Kerja Positif” pada Senin (14/03), dan Rabu (16/03).Dalam kegiatan ini disampaikan terkait kode etik dan kode perilaku PNS berdasarkan PMK nomor 190 Tahun 2018, dan PMK nomor 227/KMK.09/2021 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Terakhir di Pamekasan, Bea Cukai Madura mengadakan briefing penguatan integritas secara daring kepada seluruh pegawai, pada Senin (21/03). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menguatkan integritas yang sudah dimiliki oleh pegawai Bea Cukai Madura.

“Setiap pegawai di Bea Cukai memiliki peran sebagai agen integritas, baik itu setingkat atasan, hingga pelaksana sekalipun. Intinya jangan bosan-bosan untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini, demi penguatan integritas seluruh jajaran Bea Cukai,” pungkas Hatta. (ipos)

Exit mobile version