BLT Minyak Goreng Pertahankan Daya Beli Masyarakat

BLT minyak goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana memberikan BLT minyak goreng kepada masyarakat di Jambi. (Kemensos)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi. Jokowi hadir untuk meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng.

Secara seremoni peluncuran dilakukan dengan penyerahan uang tunai kepada masyarakat penerima bantuan di Pasar Angso Duo pada, Kamis (7/4/2022).

Jokowi menyempatkan untuk berdialog dengan masyarakat, penerima bantuan tentang sejauh mana manfaat dari bantuan pemerintah.

“Assalamualaikum, ibu usahanya apa?,” kata Jokowi bertanya kepada Leni Haini, salah satu penerima manfaat.

Mereka pun terlibat percakapan rencana penggunaan bantuan tersebut. “Saya jualan ikan krispi, bapak,” jawab Leni.

“Rencana bantuan untuk keperluan apa?” Jokowi kembali bertanya. “Rencana untuk menambah modal usaha bapak,” ucap Leni.

Jokowi menyapa satu persatu penerima bantuan yang hadir. Dalam peluncuran BLT Minyak Goreng di Pasar Angso Duo, hadir 100 penerima manfaat yang menerima bantuan senilai Rp 300 ribu/keluarga penerima manfaat (KPM).

Mewakili Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekjen Kementerian Sosial Harry Hikmat hadir menyambut kunjungan Presiden. Ia menyatakan, BLT Minyak Goreng merupakan kebijakan untuk mengurangi pengeluaran masyarakat di tengah kenaikan harga.

“Jadi ini merupakan bantalan. Untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat. Maka, kami mempertebal bantuan pangan untuk masyarakat yang memenuhi syarat,” ujar Harry.

Menurutnya, BLT Minyak Goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM. Mereka adalah 18,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 1,85 juta KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

“BLT minyak goreng diberikan sebesar Rp100.000 setiap bulannya yang diserahkan sekaligus dalam tiga bulan (April, Mei dan Juni). Sehingga masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai Rp300.000 pada April 2022,” ucap Sekjen.

Pemerintah juga menyalurkan BLT Minyak Goreng kepada 2,5 juta PKL dan pengusaha warung yang akan disalurkan oleh TNI-Polri. (dan)

Exit mobile version