Kemensos Pastikan Penyaluran BLT Minyak Goreng Tepat Sasaran

blt minyak goreng

Penerima bantuan sosial. Foto: dok Kemensos

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Sosial memastikan adanya pengawasan berlapis untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Minyak Goreng agar tepat sasaran. pengawasan tersebut menggunakan aplikasi berbasis teknologi digital.

“Masyarakat bisa berpartisipasi melakukan pengawasan dengan mengakses situs cekbansos. Di dalamnya ada data penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang tentu saja termasuk penerima BLT Minyak Goreng,” ujar Sekjen Kemensos Harry Hikmat di Jakarta (11/4/2022).

Melalui aplikasi tersebut, dikatakan dia, masyarakat bisa mengecek apakah terdaftar sebagai penerima manfaat. Aplikasi cekbansos juga dilengkapi dengan menu “usul” dan “sanggah”.

“Jadi yang bersangkutan bisa mengusulkan kalau kedapatan exclusion error (layak tapi tidak menerima bantuan) dan menyanggah kalau menemukan indikasi inclusion error (tidak layak tapi menerima bantuan),” katanya.

Ia memastikan, Kemensos telah menyediakan berbagai mekanisme dan sarana untuk memastikan BLT Minyak Goreng salur tepat sasaran. Dukungan teknologi tidak hanya dengan menyiapkan aplikasi cekbansos.

Kemensos juga memenimbang kelayakan penerima bantuan dengan teknologi Geo-Tagging data spasial dari citra satelit. Teknologi ini memungkinkan diperoleh gambar tampak depan dari rumah penerima bantuan.

“Bila diketahui luas rumah hingga 100 meter persegi maka mereka masuk kelompok keluarga mampu,”ungkapnya.

“Kami juga menggunakan teknologi Geo-Tagging data spasial dari citra satelit. Dengan teknologi tersebut memungkinkan diketahui kondisi rumah. Di daerah di mana citra satelit kurang memadai, kami dibantu oleh Pejuang Muda yang juga melakukan tagging dengan mendatangi dan memotret rumah,” imbuhnya.

Menurut Harry, pilihan terhadap mekanisme salur BLT Minyak Goreng dengan berbasis cash transfer langsung melalui PT Pos Indonesia, juga menjadi bagian dari upaya preventif terhadap terjadinya fraud (kecurangan).

Perlu diketahui, BLT Minyak Goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM, yaitu 18,8 juta KPM BPNT dan 1,85 juta KPM PKH yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT. Bantuan diberikan sebagai bantalan guna membantu meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga memasuki bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. (nas)

Exit mobile version