Yuk Cari Tahu Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027

KomnasHAM

Ketua Panitia Seleksi Prof Makarim Wibisono Foto: dok Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 (Panitia Seleksi) mengumumkan hasil seleksi calon anggota Komnas 2022-2027. Pansel telah membuka kesempatan bagi masyarakat berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) berpartisipasi pada seleksi tersebut.

Ketua Panitia Seleksi Prof Makarim Wibisono mengatakan, pembukaan pendaftaran secara umum sejak 8 Februari hingga 8 Maret. Dan diperpanjang hingga 8 April lalu. masyarakat yang memenuhi persyaratan bisa berpartisipasi dan mendaftarkan diri menjadi calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia 2022-2027.

“Dalam waktu pendaftaran yang disediakan sebanyak 1.536 orang mengikuti pendaftaran secara online,” ujar Prof Makarim Wibisono dalam keterangan, Senin (18/4/2022).

Dari jumlah tersebut, menurut dia, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan. Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki.

“Jadi ada 19 persen kaum perempuan berminat menjadi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027,” katanya.

Mencermati demografi pendaftar, lanjut dia, wilayah domisili terbanyak berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Banten. Selain itu terdapat keterwakilan wilayah luar Jawa yaitu Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara Timur, Riau dan Papua.

“Dari profesi para pendaftar, berasal dari kalangan advokat, aktivis, akademisi, pegawai swasta, wirausahawan, aparatur sipil negara, dan tenaga kesehatan hingga sejumlah petahana Anggota Komnas HAM RI,” terangnya.

“Ada juga unsur aparat penegak hukum, seperti polisi, jaksa, serta purnawirawan Polri dan TNI,” imbuhnya.

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan dan verifikasi berkas pendaftaran oleh Pansel sebanyak 96 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM RI lolos seleksi administrasi. Daftar nama tersebut dapat diakses melalui https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota.

Selanjutnya, dikatakan dia, para pendaftar yang lolos seleksi administrasi dapat mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Tes Tertulis Obyektif dan Penulisan Makalah yang dilaksanakan secara daring pada 13 Mei 2022.

“Teknis pelaksanaan tes tersebut akan diberitahukan lebih lanjut melalui akun pendaftar dan website Komnas HAM. Pansel juga berharap agar masyarakat berpartisipasi untuk memberikan masukan dan/atau informasi terkait rekam jejak para pendaftar yang lolos seleksi administrasi,” ujarnya.

“Kolom masukan masyarakat bisa dikirim secara online melalui laman https://www.komnasham.go.id/seleksi-anggota, disertai dengan mencantumkan identitas diri, nomor kontak dan mengunggah dokumen pendukung,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version