Jokowi Sebut Indonesia Selalu Melahirkan Perempuan Tangguh

kartini

Tokoh pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, tahun ini diperingati pada Kamis (21/4/2022). Hal tersebut disampaikan melalui akun media sosial pribadinya.

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki banyak tokoh wanita berpengaruh dan menginspirasi masyarakat. Mulai zaman dulu hingga sekarang. Salah satunya ialah Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai pejuang emansipasi Indonesia.

“Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi,” kata Jokowi dalam akun Twitter miliknya @jokowi, Kamis (21/4/2022).

Bahkan para tokoh perempuan di Tanah Air turut teribat membela negara dan melawan penjajah. Berkat perjuangan mereka bangsa Indonesia tetap kokoh berdiri.

“Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian, yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju,” ucap Jokowi.

Melalui Kartini misalnya, perempuan mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan ilmu pengetahuan atau pendidikan.

Dia dilahirkan di Rembang, kini termasuk wilayah Jawa Tengah, pada 21 April 1879 dari keluarga bangsawan Jawa. Tanggal kelahirannya tersebut kemudian rutin diperingati sebagai Hari Kartini setiap tahunnya.

Kartini merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang nantinya diangkat sebagai Bupati Jepara tidak lama setelah Kartini dilahirkan. Sang ibunda bernama M.A. Ngasirah yang merupakan putri dari seorang tokoh agama yakni K.H. Madirono dan istrinya, Nyai Haji Siti Aminah. (dan)

Exit mobile version