Sejumlah Orang Diamankan Usai Demo Mahasiswa adalah Penyusup

demo

Ilustrasi. Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Polisi mengamankan sejumlah orang dalam aksi unjuk rasa di depan Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat. Mereka yang ditangkap bukan dari kalangan mahasiswa maupun serikat buruh.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan, pengamanan dilakukan karena diduga mereka menyusup barisan massa. Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan.

“Kita tadi mengamankan, saat ini sedang kita periksa. Saya rasa itu upaya yang dilakukan menerobos barikade. Tentunya sekarang masih kita lakukan pemeriksaan,” kata Zulpan di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Pihaknya belum bisa merinci jumlah sejumlah orang yang diamakan saat demonstrasi. Di sisi lain, secara keseluruhan penyampaian pendapat di ruang publik itu berjalan tertib.

“Kalau total keseluruhan belum bisa saya sampaikan karena masih mendata,” ujar Zulpan.

Bila ada terindikasi pelanggaran pidana tentunya mereka akan dibawa ke Polda Metro Jaya. “Nanti kita akan update terkait pelanggaran itu,” ujarnya. Terdapat dua titik aksi unjuk rasa, di Patung Kuda Wijaya dan depan gedung DPR, Jakarta Pusat.

Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) membawa sejumlah tuntutan kepada Presiden Joko Widodo dalam demonstrasi yang digelar di depan Istana Merdeka hari ini.

Tuntutan tersebut adalah mendesak Jokowi menolak wacana perpanjangan masa jabatannya, turunkan harga bahan pokok, dan pengusutan penyerangan terhadap warga sipil. (dan)

Exit mobile version