Pandemi Melandai, Posko Kesehatan Mudik 2022 Fokus Tangani Kecelakaan

mudik

Ilustrasi arus mudik. Foto: dok Kemenhub

INDOPOS.CO.ID – Penanganan mudik 2022 untuk menciptakan mudik yang aman dan sehat. Sehingga tidak terjadi penularan kasus Covid-19. Pernyataan tersebut diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi secara daring, Sabtu (23/4/2022).

Ia mengatakan, dalam perjalanan mudik masyarakat harus menempuh jarak yang jauh dan melelahkan. Untuk itu Kemenkes telah menyiapkan posko fasilitas kesehatan di jalur mudik.

“Kami dan masyarakat harus berperan aktif untuk menciptakan mudik aman dan sehat sampai pelaksanaan mudik 2022 ini selesai,” terangnya.

Ia menyebut, ada belasan ribu posko layanan kesehatan yang tersebar di jalur mudik di seluruh provinsi di Indonesia. Pelayanan kesehatan tersebut, untuk mendukung layanan kesehatan puskesmas dan rumah sakit.

“Kami juga siapkan publik safety center (PSC) 119, sebanyak 251 yang disebar di pelabuhan dan bandara selain klinik-klinik di sana,” katanya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, konsen layanan kesehatan pada mudik 2022 pada penanganan kasus kecelakaan lalu lintas. Hal ini mengingat kasus Covid-19 sudah melandai saat ini.

“Kita tetap tidak inginkan terjadi kasus yang harus mendapatkan penanganan kesehatan. Apalagi 99 persen masyarakat telah memiliki antibodi. Dan seperti kasus Omicron selama ini hanya bergejala ringan saja atau tanpa gejala,” jelasnya.

“Jadi bila terjadi lonjakan kasus, tidak akan meningkatkan fatalitas pada penanganannya. Meskipun tetap kita siapkan layanan kesehatan untuk penanganan Covid-19 dengan gejala berat,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version