Mudik Gratis Jadi Momentum Mempererat Silaturahmi Sesama Perantau

mudik gratis

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas rombongan pemudik dari Jakarta yang diangkut menggunakan armada bus. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, program mudik bareng gratis bakal mengurangi beban masyarakat, sekaligus mampu mengurangi beban jalan dan meminimalisir kemacetan.

Pihaknya memfasilitasi warga Jatim yang merantau ke Jakarta mudik bareng gratis. Pelaksanaanya dilakukan pada, Selasa (26/4/2022) sore. Titik keberangkatan difokuskan di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.

“Kita bisa dibayangkan kalau, mereka semula mau bawa mobil pribadi dan pakai roda dua terus kemudian ikut (mudik gratis) akan memberikan ruang bagi traffic karena pasti mengurangi traffic,” kata Khofifah usai meleapas rombongan bus mengangkut pemudik di Jakarta, Selasa (25/4/2022).

Selain dapat menekan kemacetan, program mudik dinilainya mampu mempererat silaturahmi sesama perantau. Meski sebagian besar warga yang difasilitasinya berasal dari wilayah Jawa Timur.

“Jadi format-format mudik bareng gratis seperti ini, selain memang akan mengurangi dari traffic juga bisa membangun silaturahmi kembali,” ucap Khofifah.

“Di antara mereka ada yang dari rumpun Madiun raya misalnya, mereka bisa bersilaturahim ketemu di armada,” tambahnya.

Pihaknya menyediakan 10 bus untuk memfasilitasi warganya di Jakarta untuk mudik, dengan perkiraan jumlah penumpang sekitar 400 orang.

Adapub rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan meliputi rute Jakarta-Pacitan 2 bus, Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi 1 bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk 1 bus.

Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro 1 bus, Jakarta-Tulungagung-Kediri-Blitar 1 bus, Jakarta-Surabaya-Madura 2 bus, Jakarta-Malang 1 bus dan Jakarta-Jember-Pasuruan-Probolinggo 1 bus.(dan)

Exit mobile version