Siaran TV Analog Beralih ke Digital secara Perlahan

dave

Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono (kanan), dalam sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremoni penyerahan bantuan Set Top Box (STB) di secara daring dan luring di Cirebon, Jumat (22/4/2022). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Komisi I DPR RI menggelar sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremoni penyerahan bantuan Set Top Box (STB) di secara daring dan luring di Cirebon, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan yang dikemas dalam diskusi publik dengan tema ‘Sosialisasi Migrasi TV Digital’ ini dihadiri narasumber yang kompoten di bidangnya, yaitu Direktur Pengembangan Pitalebar Kemenkominfo Marvels Situmorang, anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono, serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Teguh Rusiana Merdeka.

ASO merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kemenkominfo untuk menghentikan secara bertahap siaran televisi analog yang ada saat ini dan menggantikannya dengan siaran televisi digital.

Direktur Pengembangan Pitalebar Kemenkominfo, Marvels Situmorang menjelaskan, ada tiga tahapan inti untuk pelaksanaan ASO.

“Pertama, ini akan berlangsung di akhir bulan ini, yaitu 30 April akan mencakup 56 wilayah siaran yang mencover 166 kabupaten/kota, berikutnya 5 Agustus 31 wilayah siaran yang mencover 110 kabupaten/kota dan yang terakhir 2 November 25 wilayah layanan siaran yang mencover 65 kabupaten/kota,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Sementara, anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono menjelaskan beberapa fenomena umum digitalisasi dalam penyiaran, yaitu maraknya pertumbuhan teknologi baru, konsep-konsep baru, aplikasi-aplikasi yang baru yang dulunya tidak pernah dipikirkan sekarang semua sudah berjalan.

“Kemudian muncul platform penyiaran baru seperti Netflix, video.Com, HBO,” ujarnya.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Kemenkominfo mengajak masyarakat untuk beralih dari TV analog ke TV digital karena dengan begitu masyarakat juga ikut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital. (rmn)

Exit mobile version