Pemerintah Menambahkan Jumlah Bilik Toilet di Tiap Rest Area

Pemerintah Menambahkan Jumlah Bilik Toilet di Tiap Rest Area - perbaikan jalan 1 - www.indopos.co.id

Ilustrasi - Perbaikan jalan untuk mendukung mudik lebaran 2022. Foto: dok Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah berusaha meningkatkan kelancaran arus lalu lintas pada musim mudik Lebaran 2022. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan, Rabu (27/4/2022).

Ia mengatakan, dukungan prasarana jalan dan jembatan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR. Sebab kelancaran perjalanan mudik tergantung pada tiga hal, yakni prasarana infrastruktur yang tersedia, regulasi/ manajemen lalu lintas dan perilaku pemudik.

“Untuk jalur mudik di Pulau Jawa terbagi tiga jalur, yaitu Tol Trans Jawa, Jalur Lintas Pantai Utara (Jalur Pantura), dan Jalur Lintas Pantai Selatan (Jalur Pansela),” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, jalan tol di Pulau Jawa (Trans Jawa, Jabodetabek dan Non-Trans Jawa) yang beroperasi sepanjang 1.640 km dan dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di 96 lokasi.

“Kami melakukan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas saat arus balik, khususnya kendaraan kecil dan pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan sepanjang 8,6 km sebagai antisipasi arus balik,” ungkapnya.

“Untuk Jalur Pantura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah,” imbuhnya.

Menurut dia, untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022 di Jalur Pantura sendiri telah dibangun beberapa jembatan seperti Jembatan Ploso baru sepanjang 1,27 km di Kabupaten Jombang yang menghubungkan lintas tengah dan lintas Utara Jawa bagian Timur.

“Kami juga melakukan perbaikan Jembatan Ngaglik di Lamongan, Jawa Timur,” katanya.

Sementara untuk jalur mudik lebaran Pulau Sumatera, masih ujar Basuki, jalur Tol Trans Sumatera akan menjadi salah satu jalur yang dipadati oleh pemudik tahun ini. Karena merupakan jalur darat utama yang menghubungkan kota-kota yang ada di Pulau Sumatera.

“Saat ini jalan tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang 691 kilometer. Dan sudah didukung oleh Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di 25 lokasi,” bebernya.

Sedangkan untuk jalan nasional non tol Sumatera saat ini telah beroperasi sepanjang 7.918 kilometer, terdiri dari lintas timur sepanjang 3.019 kilometer, lintas tengah sepanjang 2.338 kilometer, dan lintas barat sepanjang 2.562 kilometer dengan kondisi mantap mencapai lebih dari 93 persen.

“Untuk TIP atau rest area saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area,” ujarnya.

“Kami juga siapkan posko untuk tempat beristirahat pemudik yang kelelahan ataupun sakit,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version