H-3 Lebaran 2022, 17.790 Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatra

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 17.790 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H–3 Lebaran atau Jumat (29/4/2022). Jumlah tersebut meningkat 204,79 persen jika dibandingkan dengan total lalin pada periode normal.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa Volume Lalu Lintas (VLL) pada H-3 merupakan puncak arus mudik tahun ini dengan jumlah kendaraan lebih tinggi dari periode mudik 2019.

“Pada 2019 kami hanya mencatat VLL H-3 sebanyak 12.857 kendaraan yang masuk via GT Bakauheni Selatan, sedang pada 2022 melonjak 38,37 persen kendaraan. Hingga pagi ini arus mudik di Trans Sumatera masih aman terkendali,” kata Dwi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Jumat (29/4), volume kendaraan yang berasal dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera yang masuk via GT Bakauheni Selatan terus mengalami peningkatan.

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan kembali, diimbau untuk mempersiapkan perjalanan dengan memastikan kendaraan yang layak, menyiapkan fisik pengendara, mengisi BBM sebelum berangkat, beristirahat sejenak di rest area jika merasa lelah.

“Kami ingatkan pemudik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan mengisi BBM sebelum melakukan perjalanan dan gunakan aplikasi Google Map secara bijak agar terhindar dari rute berbahaya dan atau gunakan fitur customer journey yang terdapat pada aplikasi HK Toll Apps,”ujar Dwi Aryono Bayuaji.

Selain kepadatan terjadi di ruas yang telah beroperasi, ruas tol yang beroperasi fungsional juga mulai dipadati oleh kendaraan, ini menunjukkan antusiasme masyarakat sekitar untuk dapat segera beroperasinya ruas-ruas tol tersebut.

Adapun VLL ruas fungsional per Jumat (29/4) di Ruas Bengkulu – Taba Penanjung melalui GT Bengkulu sebanyak 1.150 kendaraan dan Ruas Pekanbaru – Bangkinang melalui GT Bangkinang sebanyak 3.055 kendaraan. (gin)

Exit mobile version