Vaksinolog: Tidak Ada Bukti Ilmiah Vaksin Covid-19 Sebabkan Hepatitis Misterius

sakit

Ilustrasi anak sakit dirawat di rumah sakit

INDOPOS.CO.ID – Vaksinolog Muhammad Fajri menegaskan, tidak ada bukti ilmiah munculnya Hepatitis misterius akibat vaksin Covid-19.

“Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan vaksin Covid-19 menyebabkan virus ini,” ujar dia secara daring, Selasa (10/5/2022).

Fajri mengaku heran kenapa masyarakat berpikiran vaksin Covid-19 menyebabkan Hepatitis misterius tersebut. Sebab, sebelumnya ada hipotesis adanya infeksi pada saluran pencernaan oleh virus melalui pernapasan.

“Tidak semua orang yang terkena serangan akut ini karena virus ini. Dan ini dikait-kaitkan dengan vaksin Covid-19,” katanya.

Menurut Fajri, vaksin Covid-19 menggunakan elemen virus tersebut untuk menghantar gen Covid-19. Untuk membentuk kekebalan alami.

“Virus penghantar ini memang hidup, tapi tidak bisa berkembang biak dalam tubuh manusia. Ini harus dipahami oleh masyarakat,” terangnya.

“Enggak mungkin virus itu berkembang biak, enggak mungkin. Walaupun ada kasus Hepatitis pasca vaksinasi. Ini hanya respon imun, bukan virus penghantar yang berkembang biak,” sambungnya.

Fajri menjelaskan, kasus Hepatitis misterius terjadi pada anak. Sementara vaksinasi pada anak di bawah lima tahun belum dilakukan.

“Jadi ini tidak mungkin, kan anak-anak di bawah 5 tahun belum divaksin,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version