Dr Rino Alvani : Hepatitis Akut Misterius Terindikasi Menular Lewat Udara

Hepatitis

ilustrasi sakit hepatitis/ Foto: dok Indopos

INDOPOS.CO.ID – Penyakit hepatitis akut misterius terindikasi menular melalui udara. Kendati sampai saat ini secara ilmiah penyebaran hepatitis akut misterius tersebut belum diketahui.

Pernyataan tersebut diungkapkan ahli Hepatologi dr Rino Alvani Gani secara daring, Minggu (15/5/2022). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut hepatitis akut misterius terindikasi menular lewat udara.

“Jadi penularan melalui apa saja, misalnya udara pun harus diantisipasi, sehingga kontak langsung ataupun lewat udara harus menjadi menjadi perhatian,” katanya.

Ia mengatakan, beberapa virus penyebab hepatitis lainnya ditemukan penularan melalui udara, sehingga penggunaan masker harus tetap diperhatikan masyarakat.

“Hepatitis akut misterius itu adalah kasus peradangan hati baru. Dalam bahasa patologi akut itu sama dengan baru. Jadi hepatitis akut misterius ini artinya peradangan hati yang baru kurang dari 6 bulan,” terangnya.

Dan, dikatakan dia, penyebab hepatitis akut misterius ini adalah virus. Hal ini berdasarkan dari kasus yang terjadi di sejumlah negara.

“Dari gejala klinis tidak jauh berbeda dengan hepatitis a atau hepatitis b seperti lesu, lemah diare, flu dan diikuti dengan kuning,” ujarnya.(nas)

Exit mobile version