Akses Informasi dan Layanan Pertanahan Kian Mudah Melalui Aplikasi Ini

pertanahan

Ilustrasi sertipikat tanah. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Perkembangan teknologi telah membawa kemudahan dan kepraktisan, salah satunya sektor pertanahan. Kini masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan pertanahan melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary menyatakan, aplikasi tersebut diluncurkan memudahkan masyarakat mengakses informasi layanan pertanahan.

“Masyarakat dapat melakukan pengecekan berkas dan sertifikat tanah, tanpa perlu datang ke kantor pertanahan,” kata Septriana dalam acara daring, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat syarat-syarat permohonan dan simulasi biaya layanan sehingga dapat mempersingkat proses layanan pertanahan.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati menjelaskan, Sentuh Tanahku merupakan aplikasi mobile yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan berkas dan sertifikat tanah.

Aplikasi tersebut bermanfaat dalam mengetahui serta menginformasikan pengajuan berkas secara berkala dan transparan, plotting bidang tanah.

“(Bermanfaat dalam) layanan-layanan yang ada di BPN, prediksi biaya layanan, pengumuman Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan sertipikat hilang tiap harinya,” ucap Yulia.

Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari satu juta kali pada platform Google Play Store dan App Store. Provinsi Jawa Barat menjadi pengguna aplikasi terbanyak, dengan jumlah 43.474 pengguna. Menu paling sering diakses adalah Pencarian Lokasi Bidang Tanah. (dan)

Exit mobile version