Kemenparekraf-UNIBA Madura Kerjasama Cetak SDM Parekraf Unggul dan Berdaya Saing

kemenparekraf

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani (Kanan) dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura, Selasa (24/5/2022).

Kerjasama yang dilakukan dalam upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul, berkualitas, dan berdaya saing, sehingga bukan hanya menjadi SDM yang siap terjun ke dunia kerja, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat, dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Hari ini kita menandatangani MoU antara UNIBA Madura dengan Kemenparekraf, dalam rangka pengembangan SDM pariwisata. Seperti kita ketahui Sumenep dan Kepulauan Madura memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu persiapkan SDM-nya,” kata Menparekraf, di UNIBA Madura, Sumenep, Selasa (24/5/2022).

Ruang lingkup kerja sama Kemenparekraf dan UNIBA Madura mencakup pertukaran data atau informasi; pembinaan, konsultasi dalam pelaksanaan penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk juga peningkatan kapasitas SDM; koordinasi dalam penyusunan kebijakan teknis di bidang parekraf; dan kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing-masing pihak.

Menparekraf berharap langkah baik ini akan menjadi awal kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Sumenep dan juga Pulau Madura secara keseluruhan. Terpilihnya UNIBA Madura sebagai mitra strategis Kemenparekraf dalam pengembangan SDM parekraf, lantaran memiliki etos kerja yang serupa dengan Kemenparekraf.

Pertama ‘gercep’ gerak cepat, dikatakan Menparekraf pihak UNIBA Madura yang lebih dahulu mengajukan penawaran kerja sama.
Kedua, ‘geber’ gerak bersama dalam mengembangkan potensi wisata bahari, wisata kebugaran, dan wisata budaya yang ada di Madura. Ketiga ‘gaspol’ garap semua potensi, termasuk potensi untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

“Ini yang menjadikan UNIBA Madura terpilih untuk menggalangkan kerja sama. Mudah-mudahan Sumenep akan menjadi tujuan wisata unggulan,” ujarnya.

Menparekraf juga berpesan jangan takut untuk menjadi pengusaha, kalau menerapkan kerja 4AS yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas. “Karena saya beranggapan bahwa kerja itu adalah ibadah. Jadi jika ingin sukses harus siap menghadapi kegagalan,” pungkasnya. (ney)

Exit mobile version